Thursday, May 28, 2009

Master Class [Squid - Calamari - Octopus]

Apa Bedanya Squid - Calamari - Octopus? Jujur saja aku baru tahunya setelah nonton episode Master Class ini....Selama ini kupikir sama aja antara Squid, Calamari ataupun Octopus.....dan ternyata pemahaman-ku itu salah.....

Di episode 23-Master Class kali ini salah satunya ya membahas mengenai Squid atau cumi yang telah digunakan sebagai Core Ingredient dalam Pressure Test minggu ini. Baru kali ini aku nyadar apa sih bedanya kita nyebut the things itu Squid atau Calamari. Calamari sendiri sebenarnya adalah salah satu type dari Squid dan yang menjadi pembeda penamaan ternyata terletak pada panjang "wings atau sayapnya". Orang akan memberi nama "Squid" untuk squid yang panjang sayapnya hanya setengah badannya saja, sedangkan orang akan menyebut "Calamari"untuk squid yang panjang sayapnya adalah sepanjang tubuhnya. Nah kalau beda antara Squid/Calamari dengan Octopus yang jelas terletak pada anggota tubuhnya...kalau Squid punya 8 lengan dan 2 tentacles maka Octopus hanya memiliki 8 lengan saja tanpa tentakel.....[ini salah satu hasil ngamati saat belanja ke seafood stall di Central Market....^_^.]

Tambahan ilmu yang kudapat dari Chef-Gary....saat dimasak Squid akan mengalami proses Tender-Tough-Tender. Artinya kalau dia dimasak cepat sekitar 30 detik- 1 menit hasilnya akan squid akan lembut saat dimakan, sedangkan kalau terlalu lama maka dia akan jadi sedikit liat ketika dikunyah-istilahnya kayak karet, tapi jika dimasak lebih lama lagi sekitar 45 menit sampai 1 jam maka dia malah akan menjadi lunak lagi.

Nah karena aku punya persediaan cumi di refridge, ya ku coba aja resep yang dibuat oleh Gary Judulnya "Chilli and Fennel Squid". Saat nonton sih kelihatnnya mudah. Squid tinggal di bersihkan, dikerat dan dipotong-potong kotak, lalu panaskan pan dan tuang olive oil (jangan terlalu banyak), trus tambahkan garam lalu butter dan sedikit bubuk cabe, bolak-balik cepat sampai kelihatannya colouring dan angkat lalu hidangkan dengan mengucuri air jeruk lemon di atasnya.

Kucoba dan hasilnya .....ha 3X gagal total....ora enak tenan. Dipikir-pikir kenapa ya? mungkin karena ingredientnya yang nggak cocok dengan resep. Pertama Squid harus segar yaitu smell fishy, salty and sweat like a sea...sedangjan Squid-ku sudah 2 hari ngedon di refridge. Lalu aku juga lupa untuk mengeringkan dulu Squid-nya dengan Tissue Dapur untuk mengurangi kandungan airnya jadi ketika Squid dimasak.....yang terjadi nggak kayak di resep Gary yang hasilnya kering berminyak...hasilku malah penuh dengan air yang keluar dari Squid-nya....^_^. Lalu garam yang biasa dipakai sama Gary biasanya Sea Salt sedangkan aku cuma pakai Garam biasa. Butter yang kupakai bukan butter malahan mentega ya terang aja rasanya hampar....he...he...Udah deh maunya modifikasi tapi rasanya malahan amburadul. Duh gimana nih padahal suami sudah kelaparan. Akhirnya sambil jengkel kumasukkan aja saus sambal ABC, merica, daun bawang, seledri dan kutambahkan sedikit air tidak lupa juga gula sedikit. Udah eh malah jadi Cumi Asam Manis.....eh Mas dan Nadia malah suka (sampai Mas ngabisin kuah-nya). Yah alhamdulillah bukan kegagalan total hingga harus masuk tempat sampah deh......Next Time mungkin bisa dicoba lagi.

1 comment:

Unknown said...

artikelnya udah bagus dan lumayan membantu. tapi lebih perfect lagi kalau ditambahin gambar dari squid, calamary dan octopus. jadi kita sebagai pembaca tahu lebih jelas perbedaannya.
thank you somay