Tuesday, May 26, 2009

Master Chef - Week 4

Ritme dari acara satu ini mulai nampak. Setiap hari Minggu kita disuguhi dengan episode Weekly Challenge - Mystery Box. Yang menang di ronde ini punya kesempatan untuk memilih Bahan Utama (The Core Ingredient) untuk ronde berikutnya. Keuntungan lainnya dia mendapatkan kesempatan pertama untuk memilih 10 bahan pendukung lainnya dalam waktu 5 menit. Sedangkan kontestan lainnya harus puas dengan waktu 2 menit saja.


3 kontestan dengan penilaian terbawah dalam ronde ke 2 ini, harus mengikuti The Preassure Test hari berikutnya[Senin] dan bagi yang kalah dia harus rela terelimimasi oleh The Judge. Sedangkan dari 3 kontestan terbaik di ronde ke 2 terpilih The Best Recipe yang akan memperoleh kesempatan untuk berhadapan dengan Professional Chef untuk membuat masakan yang sama dimana resepnya adalah resep andalan Sang Chef [Selasa]. Jika dia dapat mengalahkan nilai Chef tersebut maka dia mendapat kesempatan untuk langsung masuk ke babak final tanpa melewati babak eliminasi yang melelahkan.

Di hari Rabu, para kontestan akan dibagi menjadi 2 regu dimana setiap regu harus mempresentasikan menu masakan dengan kondisi yang berbeda-beda. Dari mengelola Restoran China, Membuat BBQ Seafood bagi special guest, sampai memasak hidangan bagi 3 kritikus masakan. Regu yang kalah harus siap mengeliminasi salah satu temannya pada hari berikutnya yaitu [Kamis]. Sedangkan bagi regu yang menang akan mendapatkan kesempatan untuk makan siang dan mendapatkan pelajaran dari para chef di resto-resto terkenal.

Dan penutup akhir pekan [Jum'at] kita akan disuguhi dengan acara MasterClass. Dimana 2 orang The Judge yang memang Chef Profesional--Gary Mehigan dan George Calombaris akan memperagakan berbagai teknik memasak dari bahan-bahan yang menjadi spesial ingredient sepanjang minggu itu.......lumayan nambah ilmu.

Sekilas melihat acara masak memasak di TV OZ....terbersit dalam pikiranku tentang kenapa masakan orang bule terkesan lebih simple ya daripada masakan Asia.....spesial Jawa....yang bumbu dapurnya kadang sampai aku sendiri aja nggak tahu bentuknya. Mungkin karena mentahnya aja bahan dasarnya sudah pada enak....seperti sayuran dan buah-buahan yang memang segar, krius, dan manis (ini pengalaman pribadi selama 2 thn di sini). Jadi Nadia dan bapaknya-pun lebih suka makan sayur-sayuran yang masih mentah daripada di olah....atau cuma direbus sebentar dengan bumbu minimalis seperti di garam dan merica aja......apa itu ya sebabnya orang bule2 ini pada doyan banget makan salad.....habis emang fresh sih.

Dan mengambil sedikit pelajaran dari budaya memasak di sini yang penting bagi mereka adalah gimana cara membuat sausnya......kadang sambil bercanda sama suami aku sering bilang sauce bagi orang sini mungkin sama dengan sambal korek, sambal tomat, sambal trasi bagi orang kita......harus mantap buat menambah kelezatan hidangan utamanya........^-^.


So membuka minggu ini, Mystery Box dibuka dan ternyata isinya adalah Ikan Snapper, Telur, Cabe Merah Besar, Kentang dan "Golden Ale" beer. Berbeda dengan minggu2 sebelumnya kali ini The Judge memilih 5 orang untuk dirasakan masakannya. Dan pemenangnya Mystery Box Challenge adalah Tom dengan resep "Lemon Snapper with Chili and Ginger" mengalahkan Sandra, Julie, Geny dan Andrew. Kalau lihat gaya tampilan masakan si Tom jadi keingat Gurame Goreng yang biasa ada di resto-resto....bahkan biasanya lebih cantik lagi penampilannya dengan dipisahnya daging dan tulangnnya. Nggak kalah deh kuliner Indonesia......:)




Tom mendapat keuntungan untuk masuk Patry pertama kali dan memilih Core Ingredient untuk Invention Test Challenge yang mengambil tema French. Dari 3 pilihan bahan utama....Gruyere Cheese, Sweet Shortcut Pastry dan Beef, Tom memilih Beef......dan hasilnya Tom, Sam dan Trevor harus menghadapi Preassure Test karena mereka termasuk The Bottoms, sedangkan Chris, Sandra dan Pooh termasuk dalam 3 The Best dengan Chris sebagai pemenangnya.

Hal yang mengharukan di sini adalah waktu lihat adegan kecewanya Sam saat The Judge- George mengomentari "Steak with red wine and mushroom sauce-nya" felt 'like a bit of a pub meal", sehingga ketika balik ke stationnya dia langsung membuang steaknya itu ke sampah....lalu keluar airmatanya saat George menghampiri dan berbicara padanya bahwa dia akan mengajari Sam how to make "Good Red Wine Sauce".

Lanjutan cerita hari ke 2 di minggu ke 4 nih [payah nih orientasi hariku.... lagi kabur]. Pressure Test yang harus diikuti oleh Sam, Trevor dan Tom kali ini adalah membuat bikin "Sticky Date Pudding with Butterscotch Sauce & Almond Praline" dalam waktu 1 jam. Dulu aku selalu mengira kalau yang disebut puding tuh ya agar-agar atau jelly....dan biasanya dimakan dingin-dingin.....ternyata salah besar. Pudding itu bisa juga hanget ya....wah ndeso banget....dan bentuknya nggak harus kenyel-kenyel malah sering terkesan seperti cake aja bagiku......^-^.

Problem-nya adalah bahwa mereka bertiga tidak menjadikan dessert sebagai spesialisasi mereka....Sam saja sampai tanya "What is that?"....sedangkan Trevor bahkan sampai ngomong " I never even eatten that's kind of stuff. The only dessert I ever eatten was ice cream"....sampai teman-temannya yang nonton pada ketawa semua. Mereka lalu boleh mencoba satu-satu buat merasakan taste dan texture dari makanan ajaib itu......he...he....

Selama masak kelihatannya Sam dan Tom lebih menguasai medan.....mereka lebih mudah menterjemahkan resep ke dalam action sedangkan Trevor kelihatan harus bolak-balik membaca resep untuk meyakinkan bahwa dia tidak miss sesuatu. Sam juga banyak mendapatkan bantuan advise dari Kate-sahabat dekatnya sang spesialis dessert. Kekeliruan selama proses memasak-pun dialami oleh mereka. Tom dengan membikin cairan gula praline yang kelihatannya nggak bakal cukup alias terlalu sedikit sehingga dia harus bikin lagi....Trevor salah pakai Brown Sugar yang seharusnya Caster Sugar waktu bikin praline jadi hasilnya coklat banget dan ya harus bikin lagi......sedangkan Sam harus menambah waktu oven buat puddingnya karena kelihatannya belum matang benar. Begitu mereka selesai masak saking gembiranya sampai Trevor teriak "I can bake!" kayaknya nasibnya sama deh dengan diriku yang juga paling nggak percaya diri kalau nge-bake sesuatu....hingga sampai sekarang nggak maju-maju.

Saat penjurian...komentar-pun pun tetap dialamatkan...Untuk Sam's Pudding, praline dianggap terlalu tebal dan saus-nya kurang gelap. Untuk Trevor's Pudding-nya agak berantakan karena dia mencukil-nya dari cetakan. Dan masakan yang paling mendekati sempurna adalah milik Tom. Dan hasilnya tidak ada satu-pun yang tereliminasi oleh juri. Wah betapa senangnya mereka. Ketika mereka kembali ke MasterChef house mereka mencoba mengibuli peserta lainnya dengan munculnya Trevor dan Tom untuk pertama kalinya hingga membuat Kate menangis karena kehilangan satu lagi sahabat selain Josh....tapi begitu Sam muncul lagsung dia berlari dan memeluk Sam. Semua kelihatan terkejut atas keputusan juri....ada yang girang dan ada yang kelihatan kurang senang....bahkan Chris sampai bilang "the invention test a bit ripped off [curang] that the three worst performer had been given a lifeline".....Wah makin seru nih.

Photos Resource : www.masterchef.com.au

No comments: