Thursday, May 28, 2009

Sports Day - 02

9 May 2008

Hari ini bunda off dari kerja Nadia. Selain pergi ke dokter untuk pemeriksaan kesehatan, hal yang paling bunda inginkan adalah ikut memberikan support dirimu di acara "Sport Day" di sekolahmu.

"Bunda sadar bahwa bunda hampir tidak punya waktu lagi untuk mengikuti perkembanganmu. Sejak Bunda bekerja full time maka praktis bunda hanya sempat memikirkan kebutuhan utamamu saja sayang. Seperti Memasakan makanmu tapi bunda nggak sempat menunggui makan pagi. Mencuci bajumu tapi tidak sempat melihatmu berdandan di waktu pagi. Merapikan mainanmu tapi nggak pernah sempat menemanimu bermain sampai puas.........kadang bunda sendiri berpikir "What kind of Bunda am I? Maafkan bunda sayang.......
Melihatmu menjerit riang ketika melihat bunda datang (walau terlambat). Membuat bunda berpikir betapa mungkin kamu rindu dan ingin sekali berbagi pengalaman dengan bunda. Dan betapa senangnya dirimu ketika melihat bunda memotret dirimu bersama kedua sahabat karibmu .....Nabila dan Putri."


Aussie people memang sangat mengilai olahraga. Dan sangat beruntung bahwa kegilaan olah raga mereka di dukung oleh pemerintah dengan memberikan fasilitas olah raga yang berlimpah di mana-mana. Lapangan-lapangan luas dengan pepohonan rindang di sekitarnya banyak berserakan di berbagai pelosok. Hampir semua sekolah memiliki lapangan olah raga rumput yang sangat luas. Coba bayangkan dengan sekolah-sekolah di Indonesia yang mungkin hanya memiliki lapangan seluas lapangan tennis dan sudah ditutupi oleh semen karena memudahkan perawatan --- karena bisa-bisa becek di musim hujan), dan tembok-tembok atau pagar yang tinggi yang memisahkan sekolah dengan dunia luar ---- yah kalau tidak suara bising kendaraan pasti menggangu anak-anak belajar -:).

Ini adalah The Second Sport Day-mu ya Nak. Dan kali ini dirimu sudah tidak lagi bersekolah di East Torrens namun sudah hijrah ke Belleveu High Primary School. Seperti biasa Team dibagi menjadi 4 warna : Red - Blue - Green dan Yellow. Dan Nadia kali ini berada di Yellow Team. Sudah sejak seminggu yang lalu dia minta dibelikan kaos berwarna kuning....maklum setelah diubek-ubek isi lemari ternyata baru tersadar bahwa dia hampir tidak punya sama sekali kaos kuning yang masih layak pakai......^_^. Kali ini-pun dia harus berpisah Team dengan Nabila di Red Team dan Putri di Blue Team dua orang sahabat dekatnya.

Kalau bicara mengenai outdoor activity seperti ini tentu saja pesan-pesan sponsor sudah jauh-jauh hari diberikan kepada ortu :


1. Hats.
Sebagai salah satu negara dengan prosentase penderita skin cancer yang cukup besar, maka alat yag satu ini seperti-nya hukumnya selalu wajib dipakai kalau beraktivitas di luar, walaupun mereka diijinkan untuk melepaskan sejenak ketika berkompetisi-lah iyalah kalau enggak bisa-bisa pelarinya sibuk ngejar topinya yang ketinggalan dan nggak masuk-masuk garis finis. Karena waktu di East Torrens Nadia sudah punya topi lebar maka ketika dia pindah ke BHPS dia minta bapaknya buat belikan dia topi kompetai [ini istilahku sendiri soalnya menginggatkan aku pada film-film perjuangan di jaman jepang berkuasa......:D]

2. Sunscreen
Ini pasti selalu terpakai selama Musim Panas. Nadia sering banget komentar begini kalau lagi makai SunScreennya, "I have dark skin Mom, so I don't have to use it much as the one who have a light skin"..... kali ini dia merasa bangga dengan kecoklatannya, padahal biasanya ribut banget dengan warna kulitnya yang sebenarnya membuat dia lebih exotic.


3. Hair Colour and Face Painting.
Murid-murid punya kesempatan emas buat mengecat wajah dan rambutnya di hari ini, tetapi harus dengan ijin ortu-nya dan dilakukan di rumah dan nggak boleh dibawa-bawa ke sekolah karena takutnya mereka pada iseng coret-coret temannya tanpa menyadari mungkin saja ada temannya yang alergi terhadap bahan-bahan tersebut.

4. Shoes
Harus pakai sepatu dan nggak boleh nyeker waktu lomba.....wah padahal ada anak-anak yang hobbynya nyeker karena terasa lebih ringan.


5. Drinks.
Walau disediakan beberapa drinking-tap di seputaran sekolah tetapi nggak ada yang dekat dengan lapangan olah raganya. Jadi ya...harus bawa....lucu dong kalau atlet nggak bawa minum paling enggak sebotol air.....


Acara-acara seperti ini pasti membutuhkan volunteer untuk jadi Marshall, jualan di Kantin Sekolah ataupun yang menyiapkan stall BBQ dan cake. Plus mereka sangat mengharapkan ortu untuk menyumbang makanan kecil yang dapat dijual untuk menambah dana sekolah.....good idea bukan....cuma karena sudah beberapa hari ini aku nggak enak badan aku jadi agak nggak semangat untuk jadi volunteer. Nah kalau nyumbang makanan sebenarnya sih bisa aja kita beli biskuit atau snack dari Wollies atau Coles untuk dijual....cuma nggak kepikiran karena kukira harus hasil masakan sendiri...Nah kalau ini mana sempat.


Karena aku harus ke dokter dulu di pagi hari jadi kami sudah telat banget ketika datang ke acara Sport Day Nadia kali ini. Datang-datang sudah acara Championship Sprints...dimana Nadia belum berkesempatan untuk mewakili Teamnya.....sedangkan acara sebelumnya karena baru masuk kelas 2 dan masih dalam program NAP maka cuma bisa ikut "Long Run" aja.....awalnya karena dia nggak dapat Pita Juara dia agak sedikit merajuk....kebiasaan buruk....maka tugas ortu nih buat nerangin ke dia....dan alhamdulillah dia bisa normal kembali dan menikmati sisa lomba yang dimainkan oleh anak-anak yang lebih besar serta bergabung dengan tim kebesarannya yaitu "Yellow Team" sambil sesekali ngikuti yel-yel yang sudah diapalin selama semingguan ini di rumah.....^_^.





Yellow is the best
We will beat the rest
Go Yellow [clap-clap]....Go Yellow [clap-clap]

Yellow is so cold
We will rule the school
Go Yellow [clap-clap]....Go Yellow [clap-clap]

If you can't hear us We'll shout louder
Make a scene so You'll be prouder
Go Yellow [clap-clap]....Go Yellow [clap-clap]

Yellow win win Sports Day
We'll make you shout hip hip Hooray
Go...............Yellow




Lomba-lomba lain yang masih digelar untuk kakak kelasnya adalah Tunnelball Spoke Relay, Corner Spry Spoke Relay, Over Under Relay, Zig Zag Relay, Side Pass Realy, Bob Spry Relay. Yang kemudian ditutup dengan Tug of War.....untuk yang ini nggak cuma student aja yang bertanding...pada akhir acara para teacher/staff menantang para parents buat bertanding....dan karena jumlah yang tidak seimbang [banyakan di parents-nya] ya tentu aja menang parents......^-^.



Untuk menentukan siapa Tim pemenang di setiap Sport Day enggak cuma ditentukan oleh anggota Tim siapa saja yang telah menjadi juara di setiap lomba, namun kekompakan, yel-yel dukungan tim plus manner dari anggota tim juga dinilai dan mendapat poin.

Nah dari semua poin dini akan dikalkulasi untuk menentukan siapa pemenangnya. Dan Jawara tahun ini adalah "Red Team".


Lah nih anak sudah males aja nonton dan teriak-teriak....trus malah klesotan di rumput sambil ngobrol sama Putri.....:D




Go Yellow....biar kalah yang penting sehat ya Nak.....dan beda Team bukan berarti harus bermusuhan khan...indahnya persahabatan.


No comments: