Thursday, April 16, 2009

Nadia - The Sambel Korek Fan

Sepiring Tahu Goreng Garing dan Sambel Korek menemani makan malam hari ini. Nadia dengan lahapnya menyantap hidangan super sederhana itu...."I like this mom, this my favorite sambal"....woalah nduk kalau ikut kuis "How Jawa are You?" pasti jawa sejawa-jawanya lah dirimu ini. Logat aja bule...tapi selera tetap asli Indonesia....alhamdulillah. Semangkuk Sup Bening Kambing aja dia tolak.....rada racis juga nih anak ama beberapa jenis makan.....Mas juga ngaku rasa sup bening kambingnya agak aneh karena aku masukin juga kayu manis walau tanpa cengkeh.........he..he...lidah jawa di lawan. Tapi bagiku tetap aja sikat terus.....but janji sama diri sendiri besok mau bikin lagi tapi nggak pakai cemplungin kayu manis......dan satu hal yang kelupaan untuk menemani nih sup aku lupa bikin sambel kecap segar dengan irisan bawang merah...

Kalau makan dan lihat Nadia sampai ngoreti tuh sambal aku jadi keinget.....Soto Mbak Ning Wonogiri dekat Waduk Gajah Mungkur. Warungnya sih nggak besar-besar amat, tapi bersih dengan tempelan porselen putih di dinding-nya. Begitu masuk warung kita harus masuk lagi ke ruangan kecil lainnya untuk memesan apa yang kita inginkan....ruang pemesanan ini juga menjadi pemisah antara ruang makan dan ruang masak.....dari ruang itu kita bisa melihat tungku-tungku berbahan baku kayu yang menjadi andalan untuk memasak soto.

Jadi setiap kali kami pulang mudik ke Wonogiri maka jadi hal yang wajib mengunjungi soto Mbak Ning atau yang dulunya dikenal dengan nama soto Donharjo. Semangkuk mungil soto plus nasi (kelihatannya aja mangkuknya mungil tapi untuk ukuranku ini pas banget), berisi nasi yang diguyur kuah soto yang dimasak tradisional dan dilengkapan dengan thokolan kacang hijau (he..he...he...dulu aku nggak ngerti apa itu thokolan ternyata cuma nama lain dari tauge atau kecambah). Bener-bener rasa soto yang seger....apalagi ditemani krupuk putih......kebayang-bayang sambil menghitung hari....tinggal 3 bulan lagi.

Ada lagi menu yang juga nggak kalah dengan kelezatan sotonya yaitu Ayam Goreng yang gurih dan empuk karena sebelum digoreng direbus dulu bersma bumbunya. Ayam Goreng ini disajikan dengan ditemani lalapan daun pepaya rebus dan sambal bawang pedas. yang dicampuri tetesan minyak jlantah bekas mengoreng ayam...tuh mulai ngeces deh.

Terakhir kali kami ke sana, jelas 2 tahun lalu sebelum kami berngkat ke OZ....saat itu berarti Nadia masih berumur sekitar 6 tahun dan belum doyan dengan sambel-sambelan. Tapi kalau melihat minatnya pada sambel bawang/korek ini begitu hebatnya saat ini.....aku harus hati-hati kalau mau makan di Soto Mbak Ning lagi bisa-bisa jatah sambel bawang-ku dihabiskannya....he...he...sampai segitunya.

2 comments:

Rizki Rahmadianti said...

Assalamualaikum
Salam kenal mbak
Jadi inget mertua saya mbak.
Orang onogiri dan sukanya bikin sambel korek
Hehehe

Dian Farida Anies said...

Wss Wr Wb

Salam Kenal juga Mbak Rizki.
Wah berarti kita sama-sama separuh Wonogiri ya....:-D. Wonogiri-nya dimana?
Kalau di Wng bulek saya hobbynya bikin sambal Brambang Asem....Makyusss