Friday, April 10, 2009

Tahu Genjrot

Malam sudah menunjukkan pukul 8, penciumanku tiba-tiba menajam lagi. Serasa perutku teraduk-aduk dengan bau kuah mie ayam yang siang tadi kubikin. Jadi bingung sendiri, biasanya kalau aku mencium bau kuah bakso kayak gitu tindakan selanjutnya....ya bikin dan segera gayeng memakannya. Tetapi malam ini huek...huek baunya saja jadi bikin muntah.

Akhirnya kubuang kuah yang ada di panci...lalu aku segera mencuci semua panci dan wajan yang masih berserakan di sink. Sekalian membereskan dapur....keinginan makan tiba-tiba menguap. Ikan yang tadi sudah kusiapkan untuk diolah masih tergeletak di samping sink. Yah buat besok aja.....bersiin.....kucurin jeruk nipis.....biarkan sebentar....trus dibumbuhi garam-ketumbar-bawang putih. Di wrapping dan masukkan kulkas.

Aku lalu tawar-in Mas buat bikin Tahu Genjrot aja......enak-kan dingin-dingin gini makan tahu hangat. Langsung sepeti biasa dengan antusias dia mengiyakan. Nadia yang lagi nonton Scoby Doo sambil tiduran juga kuminta jangan bobok dulu. Lalu kukeluarkan tahu dari kulkas......trus mulai ngulek Bawang putih, Bawang Merah, Cabe Rawit botolan (ihik jadi keingat segarnya cabe rawit hijau yang nangkring di dagangan pedagang Tahu Genjrot) , garam. Ngerendem asem sebentar dengan air panas trus mulai ngiris gula merah untuk dicairkan dengan air di dalam panci......setelah nyampur....ulekan tadi pada dimasukin tambah sedikit trasi (ini mbah biar rasa lebih nendang).....biarkan sampai mendidih. Cuman sayang kemarin kelupaan nambahin kecap. Begitu semua siap. Tahu langsung dihidangkan di atas mangkuk2 dan diguyur dengan kuahnya.....Nadia yang biasanya complain soal makanan-pun malam ini nggak banyak ribut malah minta nambah sausnya.....he...he...jadilah rindu tahu genjrot-pun terobati.

Tahu Genjrot

Bahan :
20 bh tahu pong/tahu sumedang
2 sdm bawang goreng

Haluskan :
4 bh bawang merah
3 siung bawang putih
7 bh cabai rawit
1 sdt garam

Kuah :
2 sdm air asam
100 gr gula merah
250 ml air
4 sdm kecap manis

Cara Membuat :
1. Buat kuah : rebus gula merah dan air sampai gula larut, angkat, saring. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan ke dalam larutan gula merah bersama air asam dan kecap manis. Masak sampai matang dan mendidih
2. Potong-potong/gunting tahu dalam piring saji, siram kuahya, taburi bawng goreng

Sumber : Tabloid Nova

Ketika kami ngedon di Jakarta selama hampir 2 bulan....salah satu makanan yang kunantikan kedatangan gerobaknya adalah Tahu Genjrot ini. Biasanya pedagang yang lewat di area kos-kos-an kami menggunakan gerobak kecil seperti penjual rujak manis. Tahu-nya tersimpan aman di kotak kaca, botol-botol berisi cairan kecap dan gula merah asam berjejer di samping tempat meracik tahu genjrot ini. Sebuah cobek dengan setia bertengker di depan penjual. Aku paling seneng melihat bagaimana para pedagang meracik masakannya....serasa ada irama di dalamnya....:-D. Pesanan kami diracik dengan spesial cabe hijau yang montok2 itu....krius.....bawang putih goreng, cabe rawit, bawang merah dan garam diulek halus.....dikecruti air gula-asam dan kecap......tahu dipotong-potong kecil dan dicampur rata ke dalam bumbu tersebut trus dipindahkan di atas piring-piring kecil.....Subhanallah enak benar......rasanya satu porsi selalu masih kurang :))

No comments: