Saturday, April 18, 2009

Brambang Asem

Ngomong-ngomong soal Daun Ubi Jalar, aku jadi keingat lagi salah satu menu makanan yang bikin aku nggak beranjak dari samping cobeknya (jadi malu ketahuan rakusnya....nih saking nikmatnya). Sederhana tapi ihik bikin rindu buat menyantapnya......Nama kerennya "Brambang Asem" (ini hasil googling...padahal ya ampun sudah kuperas otak ini untuk menginggatnya tapi nggak bisa ingat juga). Makasih Mas google.

Brambang Asem ini merupakan masakan asli Solo (nih untung-nya nikah dengan orang beda daerah jadi kamus makanan bertambah). Disebut demikian karena memang bumbunya terdiri dari Brambang (Bawang Merah), Asem Jawa, Terasi, Cabe dan Gula Merah. Dicolek dengan kulupan Daun Ubi Jalar (jlegor) dan Tempe Gembus.....jadilah biasanya aku dan kakak serta adik iparku tak beranjak dari pinggiran cobek......rasaya pedas, manis, asam, berserat dan paling asyik kalau makannya ramai-ramai...dan rasa yang menjadi kekhasnya adalah dari bawang merah yang dibakar.

Bulik Sri, adik Ibu Mertua sangat mahir membuatnya.....setiap kami pulang kampung salah satu spesial request kami adalah minta dibikinkan lauk ini....ditambah dengan krupuk puli.....walah walau mulut ngowes-ngowes kepedesan tapi terasa nikmat habis.....he...he...

Bahan:
2 ikat Daun Ubi Jalar muda, siangi

Bumbu yang dihaluskan:
1/4 kg gula merah
5-7 cabai rawit merah
1 sdm terasi bakar
3 bh bawang merah, tusuk dengan lidi, bakar
1 sdt asam jawa, buang bijinya
garam secukupnya

Cara Membuat:
* Didihkan air, masukkan daun ubi jalar yang telah disiangi. Jangan terlalu matang (lonyot)
* Haluskan semua bumbu, hingga jadi semacam bumbu rujak buah.
* Sajikan daun ubi jalar muda yang telah direbus, bumbuhi dengan bumbu brambang asem di atasnya.

Tips:
* Daun Ubi Jalar dapat diganti Daun Kangkung
* Tambahkan sediit garam saat merebus sayuran agar warna tetap hijau segar.

Diambil dari: http://dapurmlandhing.dagdigdug.com


No comments: