Sunday, December 21, 2008

Volunteer...It will add years to your life

"Volunteering creates a national character in which the community and the nation take on a spirit of compassion, comradeship and confidence" -- Brian O'Connell

Hari ini dapat kiriman newsletter volunteer yang dikeluarkan oleh City Council. Namaku tercantum juga dalam list "Welcome New Volunteers Recruited Since May 2008". Nama yang mungkin nggak common bagi orang sini.

Masih inget saat-saat aku memberanikan diri untuk mendaftar menjadi volunteer. Kelihatannya belum terlalu banyak warga asing yang mau menjadi volunteer. Kebanyakan volunteer yang kulihat malah para pensiunan....kupikir karena tenaga manusia di sini sangat mahal dan nggak semua sudah bisa digantiin dengan mesin, jadi public service sangat suka banget kalau ada warganya yang mau berperan jadi volunteer. Volunteer di sini nggak digaji loh....murni benar-benar kerja sosial. But it's fun......Because volunteering is not just about the work it's also about meeting people and having some fun....terutama kalau area volunteering kita cocok dengan hobby atau character kita....Klop deh.

Inspirasi volunteer-ku sendiri timbul dari keinginan untuk melakukan sesuatu dan ikut ambil bagian dalam memahami budaya masyarakat setempat....hanya sebagian kecil saja dari kehidupan asli mereka....dan itu sangat berharga. Dan untungnya teman-teman di Toy Library juga sangat membantu dan mendukung aku dalam mengerjakan tugasku. Ilmu yang kupetik dari sana-pun Insyaallah nanti bisa aku sumbangkan kepada masyarakat ketika aku kembali lagi ke tanah air....Amien.

Ditanya teman2 "dengan banyaknya kegiatan apa nggak merasa capek?" Sure....capek banget......Kerja, Volunteer, Ngurus rumah, Study.....jangan kuatir.... very-very capek banget.....tapi Insyaallah akan membuat aku kuat di kemudian hari....dan membuat aku terus belajar memanajemen diri.......Nggak gampang....aku masih terus terlunta-lunta untuk menata waktuku....tapi aku tetap belajar dan aku yakin aku pasti akan menemukan irama yang cocok nantinya......he...he...he....

"Studies have found that people who volunteer have better health and show higher levels of well being compared with non-volunteers. Volunteering does not just have a positive effect on the volunteer's live it also has a positive effect on the live of those members of the community they help"

Jadi tunggu apa lagi....kalau ada kesempatan join aja terus khan. Tinggal datang ke City Council. Daftar dan pilih penempatan trus tinggal tunggu aja ada tidaknya pekerjaan yang cocok dengan kita....

No comments: