Saturday, June 28, 2008

Hidup

Hidup adalah misteri untuk dipecahkan, bukan masalah untuk diselesaikan.

Pagi ini membuka e-mail dari komunitas "Payneham" (eks-akomodasi). Terkesan oleh Subject "Percakapan antara Tuhan dan Makhluk" yang diposting Mas Edy Purwanto.

Hidup saat ini memang seperti hanya memberi waktu sedikit untuk menarik nafas panjang, dan merenung sejenak tentang hakekat kehidupan. Aktivitas telah memberi kita bagitu banyak kesibukan, hingga tanpa terasa semua di sekitar kita sebenarnya telah berubah. Anak telah berubah menjadi remaja, suami semakin menua dan diri kita-pun juga semakin renta. Dan kita tersentak bertanya apa yang telah kita perbuat untuk siap menghadap-Nya.

Hari ini adalah Hari Esok yang kita khawatirkan di Hari Kemarin, karena kita terlalu sibuk menganalisa kehidupan ini dan menjadikan ketidakpastian di masa depan sebagai dasar kekawatiran kita setiap hari, hingga susah bagi diri ini untuk menjalani kehidupan dengan indah. Padahal Masa Depan kita cuma satu yaitu Kematian yang akan membawa kita kembali kepada-Nya.

Hidup adalah sebuah roda yang terus berputar. Kadang kita berada di atas dan kadang kita harus berada di bawah. Tetapi hidup memberikan kita pilihan dalam menghadapi setiap kondisi. Setiap pengalaman hidup harusnya menjadikan diri kita menjadi manusia yang lebih baik. Guru pengalaman memang memberikan ujiannya lebih dulu daripada pamahaman. Maka manusia yang beruntung adalah manusia yang setiap harinya mampu menjadi manusia yang lebih baik daripada sebelumnya karena belajar dari pengalaman hidupnya.

Keberhasilan adalah ukuran yang dibuat oleh orang lain, sedangkan kepuasaan adalah ukuran yang dibuat oleh diri kita sendiri. Mengetahui arah tujuan perjalanan hidup kita, akan terasa lebih memuaskan daripada mengetahui bahwa kita sedang berjalan. Selalu melihat sudah berapa jauh kita berjalan akan lebih daripada melihat masih berapa jauh kita berjalan. Lalu syukuri apa yang sudah kita peroleh dan bukan apa yang belum kita peroleh.

Hadapilah masa lalu tanpa penyesalan. Pegang saat ini dengan keyakinan. Siapkan masa depan tanpa rasa takut.

Hidup ini indah jika kita tahu cara untuk hidup. Dan kita telah memiliki tauladan sepanjang masa "Muhammad SAW".

No comments: