Saturday, June 14, 2008

Influenza

Hari ini bunda harus di imunisasi lagi. Kali ini Imunisasi untuk Flu. Kadang dipikir-pikir kok mau-maunya ya bunda di suntik bolak balik. Tapi ya atas nama kesehatan, bunda nyerah deh disuntikin terus....dari Q Fewer, Blood Test, sampai yang terakhir ini Flu Vaccine.

By The Way.....biar nggak penasaran. Sambil sedikit mengisi rongga otak yang masih kosong. Bunda coba mencari informasi mengenai Vaksinasi ini. Dari internet Bunda dapat info seputar hal ini....sumber yang ini adalah "British Columbia Minsitry of Health".

Apa sih sebenarnya makhluk "Influenza" itu?


Influenza merupakan infeksi pada hidung, tenggorokan dan paru-paru yang disebabkan oleh virus yang bernama influenza. Penderitannya akan menderita gejala2 seperti demam, sakit kepala, sakit otot/ngilu, hidung yang meler/berair, sakit tenggorokan (mungkin rasa gatal-gatal terus), rasa lelah yang teramat sangat, dan batuk2.


Gimana ya caranya virus ini nyebar kemana-mana?


Ternyata penyebarannya nggak memakan biaya advertisement yang besar, cukup nyebarin dari satu orang ke orang yang lain dengan bantuan batuk2, bersin, atau kontak antara wajah (wah sakit juga loh kalau berbenturan). Penyebarannya juga bisa dengan cara seseorang menyentuh sedikit saja dari air yang ditinggalkan oleh batuk atau bersin seseorang, lalu dia menyentuh mulut atau hidungnya sendiri sebelum dia membasuh tangannya. (nah ini kalau nggak salah diiklankan oleh salah satu produk obat di Indonesia dengan setting Bis Kota...he...he...he...).

So seberapa berbahayanya sih penyakit ini?


Yang paling berbahaya adalah bahwa penyakit ini bisa menyebabkan melemahnya daya kekebalan tubuh kita untuk berperang melawan infeksi2 lain yang datang menyerang. Bakteri Pneumonia Infeksi pada paru-pau) menjadi komplikasi yang umum di derita akibat influenza, terutama di kalangan orang tua. Influenza dapat menyebabkan komplikasi yang lebih serius pada orang-orang yang menderita penyakit jantung, paru2. Bahkan kadang-kadang bisa fatal akibatnya. Hiiiii, ngeri ya.......jadi nggak sepele loh penyakit ini.

Jadi gimana dong cara mencegahnya?


Dengan mencuci tangan secara teratur (jadi ingat salah satu teman yang suka terobsesi mencuci tangan sebentar0sebentar .....he...he.....ternyata ada manfaatnya), makan makanan yang cukup dan bergizi, olah raga yang teratur, dan tentu saja vaksinai influenza.

Gimana nih cara mengatasi selama di rumah?


* Banyak-banyak istirahat (nih favorite bunda....). Bed Rest juga membantu mengurangi penyebaran penyakitini kepada orang lain....he...he...ada maksudnya.
* Banyak-banyak minum untuk mengembalikan cairan yang hilang akibat demam.

* Hindari merokok (ya ini pasti berat buat mbah kung), dan menghisap asap rokok orang lain.
* Hirup uap air panas untuk membantu membersihkan hidung yang tersumbat.

* Minum segera obat flu.




Mitosnya : Masak sih influenza itu bisa menjadi penyakit serius. Orang pilek2 itu khan biasa. Dan biasanya karena pergantian cuaca. Cuaca yang kurang enak kata orang.....


Faktanya : Ternyata faktanya setiap tahun di British Columbia, ratusan orang meninggal akibat influenza dan komplikasinya. Bahkan Influenza pada orang dengan umur 65 tahun ke atas dan pada beberapa grup orang dalam resiko tinggi, influenza dapat membawa mereka mengindap penyakit yang lebih serius. Nah lu.......

Mitosnya : Kalau orang nggak pernah kena penyakit influenza, ngapain juga dia dapat vaksinasi

Faktanya : Nggak ada satu orangpun di dunia ini yang imune terhadap influenza. Kebanyakan orang menderita influenza beberapa kali selama hidupnya. Vaksinasi influenza adalah pertahanan terbaik melawan virus ini.

Mitosnya : Kalau disuntik vaksin influenza, kita jadi influenza dong.

Faktanya: Vaksin influenza nggak bisa membuat kita jadi sakit influenza. Lah wong yang disuntikkan itu virus yang sudah mati kok. Jadi dia nggak bisa menyebabkan kita malah menderita influenza.

Mitosnya : Vaksinasi influenza dapat menyebabkan effect samping

Faktanya : Vaksin ini sangat aman. kebanyakan orang nggak merasakan gejala apa2 setelah disuntik vaksin ini. Sebagian lainnya mungkin kemerahan dan linu di bagian yang disuntik. Sebagian yang lain (khususnya mereka yang baru disuntik pertama kali), mengalami seperti gejala influenza tetapi lebih ringan dari infeksi influenza dan lebih singkat.

Mitosnya : Mendapatkan vaksin influenza setiap tahun hanya melemahkan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit ini.

Faktanya : Vaksinasi influenza menyiapkan dan menyiapkan sistem imune tubuh kita dalam melawan virus ini. Orang2 yang mendapatkan vaksinasi influenza ini setiap tahun lebih terlindungi dalam melawan penyakit ini. (Asal jangan karena ada pesan sponsor penyedia obat vaksinasi aja ya..........)

Mitosnya : Kalau kita alergi, apa ya kita masih boleh di vaksin

Faktanya : Kebanyakan alergi tidak menjadi alasan orang tidak dapat mendapatkan suntikan influenza. Tapi perlu juga untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai hal ini. Kalau bunda kemarin bunda harus mengisi from tertulis untuk meminta persetujuan bunda dan kondisi alergi bunda.

Mitosnya : Kalau kita hamil boleh nggak kita dapat vaksinasi ini

Faktanya : Vaksinasi influenza aman selama kehamilan. Faktanya, wanita hamil yang berada pada tahap 3rd Trisemester semalam musim influenza, atau wanita hamil dengan kondisi resiko kesehatan, seperti penyakit jantung atau paru-paru, diabetes atau berkurangnya sistem kekebalan tubuhnya, sangat disarankan untuk mendapatkan vaksin influenza.
Wanita hamil yang sehat yang mungkin akan melahirkan bayinya selama masa influenza seharusnya mendapatkan suntikan influenza untuk melindugi bayi yang akan dilahirkannya. Bayi yang berumur kurang dari 6 bulan sangat rentan terhadap infeksi penyakit influenza namun mereka tidak dapat diimunisasi karena masih lemahnya imune tubuh mereka.


No comments: