Wednesday, June 2, 2010

Panen Kangkung Pertama-ku

Sudah lama aku ingin membuktikan bahwa Kangkung pasti bisa di tanam di halaman depan rumahku. Dan Alhamduillah sore ini hasil panen kangkung pertamaku telah terhidang dalam semangkok tumis kangkung untuk membuktikannya.

Cerita dibalik tanam menanam kangkung itu sendiri adalah begini : Sudah lama banget aku pingin menambah koleksi tanaman di halaman rumah supaya rumah lebih terkesan rimbun, sejuk dan nyaman. Tetapi karena budget yang tight akhirnya ya semua harus dilakukan secara berlahan-lahan. Artinya aku nggak bisa hanya langsung merombak tamanku dengan menggunakan jasa ahli landscape dan bim salabim dalam 3 hari tamanku sudah jadi cantik.....hehehe.

Jadi sadar akan keterbatasan itu, akhirnya aku mikir bagaimana cara supaya tamanku bisa kelihatan hijau royo-royo tetapi dengan biaya minim. Sebuah ide timbul ketika suatu hari aku membeli kankung darat yang masih ada akarnya di Lek Sayur yang biasa lewat di depan rumah. Daripada akar dan batangnya kubuang dan hanya menuh-menuhin bak sampah akhirnya kuambil sekop dan pergi ke kebun untuk menanamnya.....hehehe.

Biar ketahuan kalau tuh tanaman sengaja kupelihara dan bukan termasuk gulma, aku membuat pembatas dari batu bata merah bekas membangun rumah dulu. Kugali lubang di dalam kotak itu dan kutambahkan tanah hitam. Lalu kutancap-tancap saja batang kangkungnya sambil berdoa semoga bisa dipanen nantinya [lumayankan menggurangi biaya belanja....heheh].

Dan alhamdulillah, ternyata hari ini aku sudah bisa memanennya. Sengaja nggak kupanen banyak-banyak paling entar aku juga yang menghabiskan [biar nggak cepat busuk di kulkas, khan tinggal petik kalau butuh]. Dan Tumis Kangkung Pertama-ku terhidang mengepul di meja makan menemani Tempe Mendoan dan Ikan Goreng Kembung. Terima Kasih ya Allah atas rezekimu.

Tumis Kangkung

Bahan :
200 gr Kangkung

Bumbu :
5 Bawang Merah, haluskan
2 Bawang Putih, haluskan
2 - 3 Cabe Merah, haluskan
Terasi
1/4 bh tomat, cincang kasar
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir

Cara Membuat :
01. Tumis bawang merah, bawang putih, cabe merah dan terasi yang telah dihaluskan tadi hingga harum

02. Masukkan tomat yang sudah dicincang kasar, dan masak hingga matang.

03. Tuang sedikit air, garam dan gula. Didihkan

04. Masukkan kangkung, masak sebentar saja. Angkat.


No comments: