Thursday, June 3, 2010

Masih Meler

Hari ke 4 sejak Naila mulai terserang pilek hebat hingga ingusnya harus kusedot bolak-balik. Menurut salah satu tulisan yang kubaca di multiplynya mbak elly [http://ellyka08.multiply.com], memang tidak ada obat yang dapat digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi virus flu ini karena daya tahan tubuh anak akan meningkat sendiri sejalan dengan waktu.

Tapi bener deh menjelang hari ke 4, kekuatiranku belum berkurang juga. Panasnya sih sudah menghilang dan batuknya juga mulai jarang terdengar kecuali kalau dia kesedak dahaknya sendiri yang nggak bisa dia keluarkan. Jadi sebenarnya masalah utamanya adalah pileknya yang nggak habis-habis. Ih....kasihan betul deh melihat nih anak makin kuyu aja raut wajahnya. Bayangkan aja kalau kita flu dan ndak bisa mengeluarkan dahak kita rasanya pusing semua khan. Apalagi ini anak kecil yang nggak tahu lagi harus gimana ngeluarin ingus dan dahak2 itu.

Beberapa cara kulakukan untuk mengurangi penderitaannya. Antara lain :

01. Memijat dan melumuri dada dan punggungnya dengan minyak kayu putih/minyak tawon dengan tujuan untuk menghangatkan tubuhnya.

02. Kalau panas badannya meninggi lagi kami memberinya paracetamol seperti kejadian kemarin malam [> 38.5]

03. Aku tidak lagi menggunakan AC di siang hari dan kuganti dengan kipas angin agar udara di dalam kamar tidak terlalu kering.

04. Setiap dia bangun aku nenenin dia atau kusodorkan air putih [untungnya dia mau], karena dalam kondisi seperti ini dia sangat membutuhkan cairan.

05. Kuajak juga dia untuk bersauna ria dengan menghirup uap air panas supaya ingusnya bisa mencair dan banyak keluar.

Alhamdulillah sampai jam 9 dia sudah bisa tertidur nyenyak walau masih sedikit terdengar ngoroknya. Semoga besok makin baik kondisimu ya nduk.....:(

No comments: