Thursday, June 10, 2010

Digital Photography Exposure

Pingin banget mulai benar-benar bisa meninggalkan mode "Auto" dan mulai bereksplorasi dengan manual setting. Tapi dasarnya masih gaptek ya sampai sekarang masih belum full berani mencoba...alasannya dari hasil coba-coba separuh masih banyak errornya. Alias gambar tampak nggak focus dan sering blur.

Dan setelah membaca artikel DPS aku jadi pingin menuangkan isi artikel itu di sini, untuk menginggatkan-ku lagi jika aku lupa. Maklum jeprat-jepret masih belum menjadi pekerjaanku hanya sekedar hobby disela sela waktu mengurus the baby yang belum bisa ditinggal.

Artikel kali ini membahas mengenai "The Exposure Triangle" yaitu 3 elemen yang patut diperhitungkan saat bermain-main dengan "Exposure". Ketiga elemen tersebut berhubungan dengan "Cahaya" dan bagaimana "Cahaya" tersebut masuk dan berinteraksi dengan kamera.

Ketiga elemen tersebut adalah :

01. ISO - sebagai pengukur sensitivitas sensor kamera terhadap cahaya

02. Aperture - ukuran bukaan lensa saat pengambilan gambar

03. Shutter Speed - lamanya waktu saat shutter terbuka

Perubahan dari salah satu elemen tersebut akan berpengaruh terhadap elemen yang lain.

Salah satu ilustrasi yang digunakan untuk menjelaskan hubungan dari ketiga elemen tersebut adalah memetamorfosekan "KAMERA" sebagai sebuah "JENDELA"

Ilustrasi ini mengajak kita membayangkan "Kamera" sebagai sebuah "Jendela" dengan "Shutter" -nya yang dapat terbuka dan tertutup.

Aperture adalah ukuran dari jendela tersebut, jadi jika ia besar maka semakin banyak cahaya yang bisa masuk ke ruangan tersebut dan ruangan menjadi terang.

Shutter Speed adalah lamanya shutter jendela tersebut terbuka. Semakin lama dibiarkan terbuka maka semakin banyak cahaya yang masuk.

Sedangkan mengambarkan ISO sebagai kondisi dimana anda berada pada ruangan tersebut dan menggunakan kacamata hitam. Mata anda akan semakin kurang sensitif terhadap cahaya yang masuk [ini seperti ISO yang rendah]

Sehingga ada beberapa cara untuk meningkatkan cahaya yang masuk ke dalam ruangan tersebut. Anda dapat meningkatkan lamanya shutter terbuka [decrease shutter speed], atau dengan meningkatkan ukuran dari jendela tersebut [increase aperture] atau anda dapat melepaskan kacamata hitam anda [make the ISO larger].

_____________________________________________________________________
Note :
Shutter [photography] is the part of a camera which open temporarily to allow light to reach the film when a photograph is being taken.

Shutter [window cover] is a wodden cover on the outside of window which prevents light or heat from going into a room or heat from leaving it.
_____________________________________________________________________

No comments: