Wednesday, June 16, 2010

Nasi Tim Ayam

Walau sering mendengar mengenai Nasi Tim, tapi selama ini jujur nggak pernah bikin. Soalnya nggak tahu caranya. Dulu jama Nadia semua yang ngerjain pengasuhnya. Tapi hari ini aku bener-bener mau bikin. Demi Naila....

Salah satu caranya adalah :

beras dicuci kemudian dimasukkan ke dalam panci kecil dan diberi air secukupnya. Kemudian panci kecil ini dimasukka lagi ke panci besar yang diisi air (inilah yang disebut ditim). Tutup panci dan masak sampai matang.

Trus pingin sekalian bikin untuk Nadia yang hari ini nggak masuk karena badannya belum juga kembali normal.....dapat resep dari Gallery Kitchen-nya Mbak Herti

NASI TIM AYAM

Bahan :

Nasi Tim

400 gram beras
1/2 sdt garam
Air Kaldu Secukupnya

Cara Membuat :

Aron beras dengan kaldu dan garam, atau proses dalam dalam rice cooker sampai bunyi click. Angkat

Taburan Ayam
1 ekor ayam [kurang lebih 1 kg], ambil dagingnya, potong dadu
200 gram jamur kaleng, iris
3 siung bawang putih haluskan
2 cm jahe, geprek
2 sdm saus tiram
2 sdm kecap manis
2 sdm kecap ikan
1 sdt minyak wijen
1 sdt garam
1/2 sdt merica
1 sdt maizena, larutkan dengan sedikit air

Kuah
4 siung bawang putih, geprek
1 cm jahe, geprek
bawang daun, iris halus
garam

Sambal
12 cabe rawit merah, kukus
3 siung bawang putih, kukus
1/2 sdt garam
1 sdt cuka
air, secukupnya

Cara Membuat :



Taburan Ayam
Tumis bawang putih hingga harum, masukkan jahe. Tambahkan potongan ayam, aduk hingga berubah warna. Tambahkan jamur kaleng. Tuang saus tiram, kecap manis, kecap asin, garam dan merica. Tambahkan minyak wijen dan kaldu secukupnya (sampai ayam cukup terendam). Masak dengan api kecil hingga ayam matang. Setelah airnya tinggal sedikit, kentalkan dengan larutan maizena. Angkat, sisihkan.

Kuah
Dengan api kecil, rebus tulang ayam untuk mendapatkan kaldu. Tumis bawang putih hingga harum, masukkan jahe. Masukkan tumisan ke dalam kaldu, masak kembali hingga mendidih. Ambil kaldu secukupnya untuk memasak ayam dan nasi tim. Kemudian masukkan garam dan merica ke dalam sisa kaldu. Cicipi rasanya, taburi bawang daun.

Penyelesain
Siapkan mangkuk tahan panas. Taruh ayam di dasar mangkuk, tambahkan nasi. Kemudian tuang air kaldu secukupnya (kurleb 1/2 - 3/4 ruas jari di atas nasi). Kukus sampai matang.

Penyajian:
Hidangkan Nasi dalam keadaan hangat bersama kuah dan sambal. Taburi bawang goreng


No comments: