Friday, July 4, 2008

Digital Fortress

Digital Fortress, buku Dan Brown yang lain ini adalah sebuah buku Science Fiction dalam klasifikasi Techno Thriller Novel. Sebenarnya terbit lebih dulu daripada buku Angels dan Demons. Tetapi karena waktu itu yang meledak dulu di Indo adalah Da Vinci Code, baru deh jadi makin pingin tahu buku-buku karangannya yang lain. Ditelusuri ke belakang eh....malah harusnya kita baca lebih dulu buku ini karena terbitan tahun 1996, baru Angel and Demons terbitan 2000, terus Deceptions Point terbitan 2001, baru The Da Vinci Code terbitan March 2003. Tetapi yang masih belum kesampaian malah Deception Points. Setelah The Da Vinci Code ada lagi novel yang masih menunggu tanggal terbitnya The Solomon Key yang katanya bakal terbit di tahun 2008 ini.

Balik lagi ke Digital Fortress. Buku ini bercerita tentang petualangan seorang ahli matematika Susan Fletcher, Kepala Divisi Criptography (Dan Brown paling suka ilmu ini) di Badan Keamanan Nasional - National Security Agency (NSA's) dalam memecahkan kode rahasia yang membuat kewalahan TRANSLTR (processor supercomputer NSA yang memiliki kemampuan memecahkan encrypted data dalam waktu singkat). Dibuka dengan kematian Ensei Tankado, seorang cryptographer brillian NSA yang dipecat karena tidak menyetujui keterlibatan Badan Keamanan Nasional ke dalam area privacy individu. Dengan kecerdasannya dia membuat Kode "Digital Fortress" yang menjadi unbreakable code bagi TRANSLTR .

Dibalik buku ini diangkat issue mengenai hak rahasia pribadi individu. Dimana demi keamanan nasional maka sebuah negara boleh mengobrak-abrik dan mengakses data pribadi.

Hal yang menariklainnya dari buku ini adalah permainan kode yang muncul di akhir buku ini

128 - 10 - 93 - 85 - 10 - 128 - 98 - 112 - 6 - 6 - 25 - 126 - 39 -1 -68 -78

merupakan simbol dari nomor Bab. Kemudian ambil huruf pertama dari kata di awal bab tersebut, misal Bab 128 yang dimulai dengan "When Susan awoke" ambil huruf W -nya saja
maka akan terangkai W E C G E W H Y A A I O R T N U. Kemudian susun menjadi menggunakan metode a Columnar Transporsition Cipher menjadi kotak

W E C G
E W H Y
A A I O
R T N U

dan di baca seperti kita membaca huruf cina dari atas ke bawah

WE ARE WATCHING YOU.....he....he...he...

Baru tahu setelah baca Wikipedia.


No comments: