Thursday, May 20, 2010

Rasa Syukur

Benarkah rasa syukur lebih mudah terlontar dalam bentuk ucapan daripada termanifestasi dalam bentuk sikap dan perbuatan?

Sayang-nya diri ini ternyata masih sering termasuk dalam daftar manusia yang masih menganggap sebuah kelaziman untuk menggangap kesulitan dan kesedihan sebagai sesuatu hal yang negatif dan meresponnya dengan segala keluh kesah, depresi dan keputusaan. Jadi malu sendiri.........malu.....malu.

Dan yang lebih mengherankan lagi jika Allah memberi kebahagian dan kemudahan maka masih sering kurasakan seakan-akan aku memang berhak mendapatkannya karena usaha kebaikan yang telah kulakukan.....waoh PD habis. Dan jarang terlintas bahwa kemudahan dan kebahagian itupun, juga merupakan bagian dari training untuk menuju keempurnaan sebagai manusia.

Padahal jelas-jelas Allah SWT sudah mengajarkan kepada kita bagaimana harusnya kita menyikapi apapun yang menimpa diri kita dengan sikap meneguhkan keyakinan bahwa Allah SWT lah yang paling tahu apa yang terbaik bagi hambanya.

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu. Dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui."

[Q.S Al Baqarah 2 : 216].




No comments: