Wednesday, May 26, 2010

Ikan Goreng-Ku Renyah & Garing

Mas Nug paling suka masakan yang digoreng gurih dan garing. Setelah berhasil membuat ikan kecil renyah dua hari lalu. Maka persediaan seafood lainnya sudah siap untuk diolah hari ini. Kali ini Ikan Kembung tetapi yang masih kecil-kecil. Nah kata yang jual [waktu itu aku belanja di Pasar Klandasan], Ikan ini cocok banget kalau dibuat pepes. Wuih pingin banget mepes....lagian si embah pepes langgananku sudah seminggu ini nggak jualan. Kenapa ya?

Tapi setelah kupikir-pikir lagi, walau kecil nih ikan tentunya masih menyimpan banyak duri. Entar malah sibuk misahin durinya daripada menikmati dagingnya. Lagian durinya pastilah kecil-kecil wong ikannya juga seukuran jari orang dewasa....weh repot. Jadi akhirnya kuputuskan untuk digoreng garing aja. Cuma sayang persediaan secret ingredient yang berupa kemiri sudah habis. Duh....gimana ya. Akhirnya setelah tanya mas google dapat info dari detik food [ http://www/detikfood.com ] gimana cara mengoreng ikan yang renyah dan kering walau tanpa kemiri.

Tips-Tipsnya gini nih [Odilie Winneke]

01. ikan
Ikan harus bener-bener seger soalnya kalau nggak seger waktu digoreng bisa mudah hancur atau sobek. Sedang ciri ikan seger yaitu tuh ikan badannya agak lembut saat ditekan, trus matanya sebening kaca, insangnya kemerahan plus aromanya masih segar. Ikan juga harus segera dibersihkan begitu nyampe rumah [biasanya aku buang isi perut dan insangnya trus kupisah-pisah sesuai denga porsi makan baru kumasukin ke frezer bila belum sempat dimasak].

02. Bumbu
Supaya ikan lebih enak dan bau anyirnya berkurang ikan bisa dilumuri dengan bumbu sebelum digoreng. Bumbu biasanya berupa bawang putih, jahe, kunyit, garam, merica dan air jeruk nipis. Diamkan sesaat agar bumbu meresap Untuk tips yang ini, biasanya sebelum kulumuri bumbu dia sudah kukucuri jeruk dulu, kudiamkan sesaat baru kurendam bumbu seperti bawang putih, garam, merica, ketumbar dan kemiri nah sekarang baru kutambahi jahe dan kunyit.

03. Lapisan
Untuk menambah gurihnya [kalau menurutku pingin nambah kriuknya] ikan bisa dilapisi dengan tepung. Bisa adonan tepung, tepung panir atau tepung terigu dan tepung beras kering. Setelah dilapii, sebaiknya biarkan beerapa saat agar lapisan menjadi kering sehingga saat digoreng hasil ikannya bisa renyah dan mudah kering.

04. Minyak Goreng
Jangan pelit menggunakan minyak goreng. Gunakan minyak banyak dan api sedang hingga ikan terendam sehingga ikan tidak perlu dibalik-balik supaya tidak mudah hancur. Setelah kecoklatan dan kering kemudian tiriskan hingga minyak kering dan habis.

05. Penyajian
Sajikan ikan dalam keadaan panas agar masih terasa renyah dan enak. Ditambah sambal terasi, sambal tomat atau sambal dabu-dabu.....wah serasa meja makan milik sendiri...xixixi.

Note :
Ikan ludes tak bersisa walau cuma kepala dan duri-nya. Renyah dan gurih........:)

No comments: