Saturday, May 29, 2010

Baca Sebuah Foto Layaknya Sebuah Buku

Melihat hasil foto para fotografer yang sudah malang melintang di dunia fotografi membuatku jadi pingin banget bisa punya hasil njepretan kayak mereka. Tapi sayangnya syarat-syarat yang harus dimiliki oleh seseorang yang "desperately want to gain knowledge" masih belum benar-benar merasuk ke dalam diriku. Padahal salah satu syarat keberhasilan untuk menjadi seorang better photograher adalah mau menyempatkan diri untuk belajar baik dari apa yang photographer lain hasilkan disamping aspek-aspek dari fotografi itu sendiri. Bahkan lebih ekstrim lagi mungkin harus seperti apa yang dikatakan Penny De Los "Look at the photographs like it's your job"

Kali ini aku coba mencari referensi dari internet dan bisa nyasar ke http://www.learnfoodphotography.com artikel Neel tentang "How to Read Any Photograph Like a Book"....coba mengikuti langkah-langkahnya deh!!!

01. Understand What is Great
Yang paling pertama dari membaca sebuah foto adalah mengerti apa yang membuat sebuah foto tampak berkesan stunning.

02. Identify The Main Subject
Mengenali apa yang menjadi Main Subject di dalam suatu frame foto akan membawa kita satu langkah lebih maju dalam memahami jalan fikiran sang fotografer.

03. Locate The Camera
Dapatkah kamu menentukan dimana lokasi kamera pada saat pengambilan gambar? Bagaimana sudut pengambilan gambarnya? Hingga membayangkan dimana sebenarnya posisi sang fotografet pada saat pengambilan gambar?

04. Light Source
Perhatikan dari mana sumber cahaya berasal. Apakah dari belakang kamera? Bersebrangan dengan kamera? Di kanan atau di kiri kamera? Apakah Multiple light? Dapatkah kamu melihat bayang2?

05. Elements of Arts
Bagian satunya kita berbicara tentang lines, shapes dan forms. Lalu di bagian duanya kita berbicara tentang color, space dan texture. Observasi element apa saja yang digunakan dan bagaimana dia digunakan bahkan lebih jauh lagi observasi bagaimana lagi sebuah elemen2 tersebut bisa dikomposisikan untuk menghasilkan foto yang lebih bagus .

06. Observe The Composition
Fikirkan dan observasi bagaimana penataan elemen2 di dalam foto tersebut . Apa yang menjadi pendukung dari obyek utama. Adakah obyek pendukungnya menguatkan atau malah mengaburkan keberadaan obyek utama yang seharusnya menjadi pusat perhatian.
Jika terdapat lebih dari dua obyek utama, harus diputuskan yang mana yang benar-benar akan menjadi obyek utama dan mengaburkan yang lainnya.

07. Within The Frame
Perhatikan posisi sebuah obyek di dalam frame. Bayangkan kira-kira perubahan2 memungkinkan yang bisa dilakukan untuk membuat foto tersebut kelihatan lebih stunning lagi.

08. Background Screening
Perhatikan background dari sebuah foto. Pelajari. Apakah background terkesan datar atau bertektur? Apakah backgroundnya memiliki beberapa obyek, lalu perhatikan jernih atau blur kah penampakan mereka? Apakah warna background putih membuat sebuah foto tampak lebih baik?Efek apa yang ditimbulkan oleh beberapa warna terang sebagai background?

- salam jepret -

No comments: