Saturday, February 14, 2009

Victoria Bushfire

Black Saturday 7 Feb 2009

Sedih.....jelas.... melihat ribuah keluarga kehilangan rumah dan harta benda lainnya, dan harus menjalani hidup di camp pengungsian untuk sementara.

Ngeri....apalagi.....melihat kebakaran yang begitu cepat menyebar, menghanguskan apa saja yang dilewatinya. Menyaksikan orang-orang yang tanpa harapan menyaksikan rumah-rumah mereka dilahap si jago merah.

Bushfire ternyata mampu memorat-maritkan kemapanan yang ada.....kini berbagai cara digunakan untuk mengalang dana guna membantu saudara kita yang terkena musibah di sana. Pita kuning tersemat di dada sebagi perwujudan simpati terhadap derita.

Di tempat kerja-ku pun pengalangan dana juga mulai dilakukan dengan membuka kotak dana yang berapapun hasilnya akan diserahkan bersama bantuan yang diberikan oleh keluarga T&R Pastoral. Coles....AFL....Red Cross.....hanyalah sebagian yang turun tangan untuk membantu. Volunteer-2 bekerja keras untuk membantu tidak hanya dalam usaha pemadaman kebakaran, tetapi juga penyediaan dan penyaluran bantuan kepada mereka yang kini dalam semalam telah menjadi homeless.

Derita bisa juga terjadi walaupun di negara yang terbilang makmur....yang membedakan mungkin hanya kecepatan dalam pengatasan masalah oleh pemerintah dan masyarakat sebangsa....

Indonesia dan Papua Nugini sebagai negara tetangga juga berniat baik memberikan bantuan berupa sumbangan uang. Indo dengan $ US 1 M. Berbagai komentar timbul dari yang salut akan bantuan tersebut dan maklum akan kecilnya nilai tersebut. Sampai yang sedikit sinis menanggapi bantuan kecil tersebut......Manusia memang berbeda-beda.

No comments: