Saturday, February 28, 2009

Mengevaluasi Aktivitas

1Kalau ingat kata-kata memanejemen diri, jadi ingat Paklik bontotku....Pak Dayat. Saat itu seingatku aku masih kuliah. Dan aku terkesan banget akan kegiatan beliau yang sepertinya tidak pernah ada habisnya. Dan aku tahu sejak beliau remaja....sepertinya tidak ada waktunya yang tidak dia gunakan untuk organisasi. Pernah suatu kali aku bertanya....emang nggak pernah ada liburan ya kok lompat dari satu kegiatan ke kegiatan yang lain. Apa nggak capek. Dan jawaban yang simpel keluar......istirahat bagi paklikmu ini artinya ya ganti kegiatan tapi ya tetap melakukan aktivitas.....:-D. Wah kapan ya beliau punya waktu untuk diri sendiri.

Kini beliau sudah punya 4 putra dan putri...tapi kegiatannya sepertinya tidak juga pernah berakhir. Masih tetap setia mengurusi sekolah Al-Hikmah, lalu kalau tidak salah An-Nur. Dan beliau ternyata mendapat pendamping yang sama-sama super sibuknya....Bulik-ku yang satu ini sangat sibuk mengurusi "Kumon"-nya dan tidak tanggung-tanggung dengan Kumonnya itu malah beliau bisa keliling luar negeri.......sebuah keluarga yang perlu diteladani. Lalu bagaimana dengan putra-putrinya.....jangan ditanya alhamdulillah sepupu-sepupuku menjadi anak-anak yang sholeh/sholehah dan pinter-pinter di pendidikannya. Semoga kami mampu memanejemen diri dan keluarga kami menjadi manusia-manusia yang bermanfaat bagi orang lain.

Inginnya punya banyak aktivitas yang bisa menjadikan diriku tidak hanya bermanfaat untuk keluarga tapi juga orang lain. Tapi kesehatan yang sedikit menurun akhir-akhir ini (semoga karena yang dinanti akan datang....:-D) akhirnya aku memutuskan untuk mulai mengurangi aktivitas.......daripada aku masih melakukan semua aktivitas itu tapi kondisi fisik-ku semakin lemah. So setelah aku mendapatkan hasil (walaupun belum pasti) akhirnya Jum'at kemarin aku menhadap Heather (advisor di Hamilton College) untuk meng-cancel salah satu kelas malam-ku yaitu "Sewing and Craft"....karena jujur saja dengan kerja yang pulangnya kadang harus sampai jam 5 rasanya aku harus terbirit-birit terus untuk mengikuti kelas itu. Dan hasilnya aku malah jadi kurang menikmati walau awalnya semangat. Dan hari ini aku putuskan menjadi hari terakhir aku kerja volunteer di Toy Library dan School Library. (I will miss you Lisa/Linnie and thanks for the flower & card).....karena suami juga baru aja dapat rejeki untuk bisa bekerja di Hari Sabtu Pagi, jadi selain aku bisa mengistirahatkan kaki ini khan harus ada yang take care Nadia ketika suami sedang tugas. Berat juga sih meninggalkan aktivitas2 itu tapi masih banyak aktivitas lain yang harus dilakukan.

Kadang rasanya 24 jam sehari itu nggak cukup....tapi kalau orang lain bisa memaksimalkan kenapa aku aku nggak....let's try. Emang benar bahwa musuh utama kita sebenarnya adalah diri kita sendiri. Kemampuan diri kita untuk mengatasi rasa malas, puas diri dan hal-hal yang membawa kearah negative patut dikembangkan kalau kita ingin menjadi manusia yang tidak merugi. Karena sebagai manusia kita punya kewajiban yang bakal dituntut nanti di akhirat. Semoga aku tidak menjadi manusia yang lemah. Amien.

Kerja selama 4 hari kurasa sudah cukup. Alhamdulillah hari kursus-ku tepat jatuh di hari Jum'at jadi selepas kursus aku jadi kadang bisa sekalian silaturahmi dengan teman-teman di Mushola Flinders sekalian nemanin suami jum'atan, atau menghadiri assembly dan kegiatan-kegiatan keluarga di sekolah Nadia yang untungnya banyak dilakukan di Hari Jum'at (seperti Jum'at kemarin aku bisa nemanin dia di Swimming Lesson-nya). Sure dia tampak bahagia sekali ditemani emaknya. Hari Sabtu bisa kulakukan untuk planning for next week ya menu masakan-belanja dan sekalian jalan-jalan ke tempat yang dekat-dekat aja, dan hari Minggu adalah hari rekreasi atau menghadiri acara-acara misalnya MIIAS. Malam-malam hari buat Nadia dan ngisi ilmu di otak yang sudah mulai kucel karena setiap hari cuman hampa memandangi daging-daging.....:-D. Hafalan Al-Qur'an dan pelajaran Agama Nadia perlu mendapat prioritas utama nih.....ingat akhirat....ingat akhirat.....

No comments: