Sunday, August 17, 2008

Tas Kresek (Tas Plastik)

2Isu terbaru yang diangkat "Ten News" adalah aturan baru yang akan diuji coba di negara bagian Victoria bulan depan. Apa lagi kalau bukan tentang Tas Krese, Tas Plastik atau Plastic Bag. Tas Kresek ini sudah lama mencari isu hangat dalam usaha penyelamatkan lingkungan. Kampanye pengurangan pengunaannya-pun sering sekali nongol di TV lokal. Dan aturan baru itu memaksa dengan halus bagi konsumen di supermarket2 negara bagian Victoria untuk meningkatkan penggunaan Green Bag atau mereka harus menambah budget belanja mereka sebesar 10 cent untuk setiap tas kresek yang digunakan. Prediksiku..... orang akan cenderung rela membeli Green Bag yang harganya cuma 1 - 2 dollar tapi reusable many time daripada setiap belanja harus mengeluarkan tambahan 10 cent.

Kenapa Masalah Tas Kresek kelihatan penting untuk segera diselesaikan, terutama di negara-negara maju yang sudah nggak terlalu lagi dibelit oleh persoalan primer seperti nyediain pakan, sandang dan papan bagi penduduknya, ternyata karena nih tas kresek yang sudah banyak berjasa untuk njinjing berbagai belanjaan, atau ngelindungi barang-barang dari percikan air hujan, ternyata punya efek buruk bagi lingkungan.

Apa aja efek buruk yang bisa dihasilkannya? Salah satunya berupa polusi lingkungan karena tas plastik yang menjadi sampah tidak gampang untuk terurai di alam (biodegradble) dan membutuhkan ratusan bahkan ribuan tahun untuk penguraiannya. Dan saat terurai, partikel-partikelnya akan mencemari tanah dan air tanah. Kebiasaan membakar sampah-pun dapat memicu bahaya juga, karena sampah plastik yang dibakar dan pembakarannya tidak sempurna, maka dia akan terurai di udara dan menghasilkan senyawa dioksin yang sangat berbahaya bila terhirup oleh manusia. karena dapat memicu penyakit kanker, hepatitis, pembengkakan hati, gangguan sistem saraf dan memicu depresi. Sampah plastik juga mengemisikan rumah kaca ke atmosfer tidak hanya pada saat pembuangannya tetapi juga pada tahap produksinya.

Orang memang suka menggunakan Tas Kresek karena sifatnya yang fungsional, ringan, kuat, murah untuk ngangkut segala macam barang.

Di Adelaide sendiri walaupun supermarket2 masih menyediakan Tas Plastik, namun tulisan "Say No to Plastic Bag" sudah muncul di tembok-tembok mereka, untuk menganjurkan konsumen rajin membawa Green Bag mereka. Di setiap Kasir mereka menggantungkan Green Bag yang bisa dibeli dengan harga cuma 1-3 dollar. Green Bag ada yang berupa Tas Kain biasa ataupun Chiller Bag. Jadi kalau mau makanan tetap dingin mending beli yang ini sekalian.

So Save The Planet by doing The Small Thing first
1. Pakai Tas Kain aja deh kalau belanja
2. Kalau mau beli makanan yang basah2 seperti ikan bawa container sendiri seperti teman yang ada di Sangatta
3. Jangan bakar Tas Plastik karena akan membuat polusi di udara
4. Jangan mengubur Tas Plastik karena akan meracuni tanah dan air tanah.
5. Pisahkan sampah Plastik dengan sampah domestik lainnya untuk di recycle.

No comments: