Tuesday, July 17, 2012

Usborne # 2 -- Bermain Fantasi

Bermain Fantasi adalah salah satu bentuk permainan yang bisa mendorong anak-anak mengungkapkan diri dengan kata-kata.

Permainan ini melibatkan anak-anak untuk membayangkan diri dalam peran atau situasi yang lain untuk mencoba kata-kata, frase dan cara-cara baru untuk mengungkapkan diri.

~ Boneka

Sering Para ahli menggunakan boneka untuk anak-anak yang mempunyai masalah bicara atau komunikasi. Beberapa anak memainkan boneka-boneka ini tepat sama seperti mereka bermain boneka. Beberapa anak lain mungkin ingin memainkannya dalam suatu pertunjukan. Beberapa anak benar-benar tidak menyukai boneka, Jadi jangan paksa mereka jika mereka tidak tertarik. 

Nah berhubung Naila suka banget dengan boneka kudanya. Jadinya aku sering menjadikan kuda-kuda ini sebagai sarana dia bermain fantasi-nya. Ketertarikan Naila akan kuda membuat dia hobby banget main boneka-boneka kudanya. Dan untungnya karena dulunya Nadia (si sulung) juga suka banget sama kuda, dan mainnya yang berbau kuda masih bagus-bagus (hehehe....hasil rawatan emaknya), jadi aku ndak perlu lagi membelikan lagi. 

Ini gaya Naila kalau sudah asyik main kuda-kudanya. Mereka pada bolak-balik dimasukkan ke stable-nya maka dia mulai belajar konsep "Masuk-Keluar", trus kuda-kuda poni dari seri "The Little Pony" yang pada punya rambut panjang pada disisirin maka secara tidak langsung dia melatih otot-otot tanganya untuk mulai lembut bergerak". Dan sambil menyisir atau memindah-mindahkan boneka-bonekanya, mulutnya tak henti-hentinya berbicara bahkan diselingi dengan bersenandung......imaginasi dia mulai berkembang !!!

~ Berdandan

Cobalah membuat kumpulan pakaian dan asesori untuk berdandan, dengan mengumpulkan pakaian pakaian bekas dari teman dan kenalan serta mencari barang obralan dan toko loakan. Sering anak-anak menggangap asesori dandanan seperti topi, perhiasan dan tas, lebih penting daripada pakaian.

~ Kotak

Kotak karton dengan berbagai bentuk dan ukuran dapat menciptakan menciptakan aneka ragam situasi main yang berlainan. Kotak-kotak besar dapat dijadikan rumah, istana, gua atau ruang kecil. Kotak ukuran sedang menjadi kendaraan, meja, bangku, dan loket. Dan kotak kecil dapat dijadikan garasi, rumah pertanian dan rumah-rumah miniatur.

No comments: