Wednesday, July 11, 2012

Sampul Buku Sang Perfectionist

Salah satu keinginan sederhana Nadia saat kita berlibur ke Surabaya kemarin adalah membuat Stiker nama untuk ditempelkan di buku-buku pelajarannya. Plus Kertas Kado yang maunya senada dengan Stikernya. 

Karena hampir setiap liburan tahun ajaran baru, Nadia beribur ke Surabaya. Otomatis hal-hal yang dilakukan oleh sepupu-sepupunya di sana meng-influence dia juga. Salah satunya adalah hobi sampul menyampul buku dimana setiap tahun biasanya mereka pada ingin berganti tema peralatan sekolahnya. Dan bagi Nadia kalau nggak bisa semua peralatan sekolahnya setema, maka paling tidak cukup sampul bukunya saja .....alhamdulillah dia mulai memaklumi teori "Want Or Need" yang aku terapkan padanya... :).

Saat dia kelas 4, dimana setengah tahun dia habiskan sekolah di SDIT Istiqomah-Balikpapan Kaltim dan setengah tahun sisanya dia selesaikan di SDIT Nidaul Hikmah-Salatiga JaTeng di kelas Zaid bin Tsabit di bawah bimbingan wali kelas Pak Donny, dia demen banget semua yang berbau "Winnie The Pooh". Sampai akhirnya saat ulang tahunnya yang ke 10, aku hadiah-i dia dengan barang2 yang berbau si Beruang Madu dan konco-konconya itu. Sampai buku pelajarannya-nya pun bersampul si Winnie ini.




Nah menginjak kelas 5, haluan karakter favoritnya berubah lagi menjadi si "Strawberry Short Cake". Jadi buku-bukunya di sampul dengan kertas kado si Strawberry cs. Di kelas 5 ini dia berada di kelas Thariq bin Ziyad di bawah bimbingan Bu Wiwik The Super Teacher karena selalu bersemangat untuk membuat anak-anak tahu potensinya dan mampu berprestasi.


Dan sekarang, saat dia sudah mengijak kelas 6. Karakter yang ingin dijadikan tema sampul dan stiker bukunya-pun sudah minta yang berbeda. Awalnya dia pingin karakter "Minni Mouse" tapi karena di tempat cetak stikernya, karakter ini tidak menjadi tokoh central dalam kelompok Mickey Mouse jadilah dia menganti karakter pilihannya menjadi si kucing imut "Hello Kitty"...walah ini mah karakter jadul banget. Saat aku masih kecil-pun karakter ini sudah ada....hehehe. Tetapi oklah akhirya dia minta di cetakan kartu nama itu. Selanjutnya dia berburu kertas kado sama tante mama dan sepupu-sepupunya Shafa dan Asya. Lah tak lama dia malah balik lagi ke stand cetak stiker untuk menganti karakternya dengan "Tinker Bell cs",  alasannya simple karena dia tidak menemukan kertas kado Hello Kitty dan adanya malah kertas kado karakter Tinker Bell. Jadi nih Stikernya menyesuaikan dengan kertas kado yang tersedia. Weleh...bolak-balik ganti saja nduk....:)

Pulang dari Marina Plaza, Tante Mama langsung laporan....."Walah dhi....anakku Super Perfect, ngalah-ngalahi ibune.....Lek tuku barang benar-bener detail......Ngelu aku nunguin". Tuku Bulpen ae sik bingung....sui banget milih-e....jare warnane sing nggak cocok, trus mari ngono dicobai siji-siji....".. Aku yang mendengar penjelasan adikku cuma mesam mesem saja. Yah Nadia ini bener-bener copying me....kalau beli barang pasti mikir-nya berulang kali. Perlu nggak-perlu nggak terus.....bahkan saking lamanya mikir kadang malah akhirnya nggak jadi beli....hehehe. Ini yang sering jadi sumber protes para tukang antar dan bapaknya. Udah capek-capek ngaterin belanja pulang-pulang cuma nihil nggak bawa apa-apa gara-gara kebanyakan mikir !!!. Dan biasanya malah yang ngantar yang jadinya beli barang.....hehehe. Siapa yang ngantar....Siapa yang diantar......

Ok cerita berlanjut lagi. Hari ini, begitu selesai beli buku tulis di Roma-Salatiga. (harga Di Salatiga masih lebih murah daripada di Mal-Mal Surabaya sih....itu juga hasil survey Nadia yang gara-gara buka toko sekarang jadi lebih teliti kalau soal harga barang), pulang-pulang langsung mulai menyampul-i satu demi satu Buku Paket (yang siang tadi baru saja dibeli dari sekolah) dan buku-buku tulisnya. Ini juga gitu, karena perfectnya beberapa kali dia tanya masalah warna stiker mana yang cocok dengan warna buku paketnya.....trus enaknya posisi di cover buku itu bagusnya di mana.......bener-bener deh nih anak !!!. 







Oh ngomong-ngomong soal perfectionistnya di Nadia, sampai pernah saat beli buku tulis saja, dia sampai teliti mengamati apakah buku-buku yang di bundel jadi satu isi 10 itu lurus atau tidak tepiannya.....dan dia memilih toko dimana dia tahu bundelannya rapi. MasyaAllah Nad....capek mama wira-wiri hanya untuk urusan yang menurut mama nggak prinsip-prinsip banget......:(. Entar kalau di bongkar dan disampulin apa ya masih diperhatiin tepianya rapi atau tidak...ihik...ihik...ihik.

Oh ya ada story behind sampul menyampul buku yang terakhir. Berhubung aku baru nyadar kalau baju Tingker Bell yang ada di kertas kado itu adalah versi minim, bukan seperti versi baju Tingker Bell di The Lost Treasure yang pada tertutup. Nah aku baru nyadar....waduh pasti kena sensor sekolah nih nduk. Saat nadia selesai masak dari dapur aku memberitahukannya dan langsung dia ngambek......trus gimana dong sudah terlanjur beli 3 sampul masak mau dibuang gitu saja. Nah siapa yang milih..... siapa yang dimarahi....  "Kok mama nggak ngingetin sih", ngambek dia. 



Langsung nih otak mulai muter cari cara untuk menutupi para Tinker yang bajunya kurang sopan itu. Pertama cari gambar Tinker Bell lewat mbah google....lah yang ada cuma versi minim. Trus Nadia langsung nimbrung (walau mukanya masih suntuk), searching by "Tingker Bell The Lost Treasure".....nah ketemu deh gambar Tinker Bell yang agak sopan tuh pakaiannya. Ambil beberapa contoh....trus diprint. Ternyata tinta printer tidak mendukung sama sekali. Dan kupikir lagi bakal nambah kerjaan aja.....dari ngeset gambar, ngeprint, ngunting, nempel. Akhirnya terpikir untuk mewarnai aja bagian dada, kaki dan tangan si Tingkel Bell......Akhirnya beres deh lebih kelihatan sopan sekarang..........:(. Dan Nadia malah seneng karena hobi corat-coret dia tersalurkan....dan bilang. "Kalau yang kaki aku saja ya ma....khan gampang."....emaknya cuma bisa geleng-geleng.....cemberut dikit sambil bergumam...."Nambah kerjaan aja !!!"

1 comment:

Arroyyan Dwi Saputra said...

Ide yang kreatif dalam mendidik anak.
Saya suka dengan teori Butuh atau Pingin.
Thanks.