Saturday, June 2, 2012

Keutamaan Menunggu Waktu Sholat


Aku kaget mendengar suara keras yang keluar dari hp seorang gadis yang duduk di sebelahku, sama-sama mengantri untuk bisa bertemu para teller bank yang cantik....hehehe. Gadis berkerudung putih itu segera mematikan hp-nya dan bergerak berjalan ke arah lorong yang kutahu adalah lorong menuju ke toilet atau ke ruang urusan perkreditan di bank itu. Hemmm....jadi iseng menebak-nebak kemana si gadis itu pergi. Kalau ke ruang administrasi ngapain dia dari tadi nunggu di sini dan nggak nggak langsung masuk saja. Ah mungkin dia ke toilet.....kok ya pas dengan bunyi alarm di hp-nya. Jangan-jangan dia punya penyakit yang mengharuskan dia untuk masuk toilet berapa jam sekali.....walah imajinasiku kok melalang buana. 

Tak lama kemudian, gadis itu-pun kembali dari lorong itu dan duduk lagi di sebelahku. Wajahnya tambah segar mungkin karena habis dibasuh. Wah nih gadis mungkin malah wudhu tadinya. Kutengok jam di hp-ku....lah belum masuk waktu dzuhur kok masih sekitar 15 menitan lagi. Mungkin gadis ini mirip dengan salah satu temanku yang selalu berusaha untuk tidak batal wudhunya seharian. Seandainya aku bisa menirunya.......Iseng masih kuikuti gerakan gadis itu. Dia lalu mengambil sebuah buku yang kulihat seperti Al Qur'an kecil lalu mulailah dia membuka Al Qur'annya dan seperti asyik  membacanya dengan suara yang tak terdengar. Wah aku jadi malu sendiri. Bukankah memang lebih baik ya daripada bengong atau ngedumel menunggu antrian seperti ini, mending kita membaca buku atau Al-Qur'an. Jadi bisa nambah ilmu plus mendekatkan diri ke yg diatas (berharap bonus pahala dari-Nya sekalian). 

Setelah analisa isengku tadi, Aku jadi mengambil kesimpulan yang berkaitan dengan aktifitas si gadis tadi. Dah langsung teringat sebuah hadits tentang . sebenarnya sih cuma garis besarnya yang teringat dan malah siapa perawinya aku nggak hafal. Dan pulang dari sana langsung buka-buka internet untuk mencarinya. Ini dia haditsnya :


Diriwayatkan dari Anas r.a : Rasulullah bersabda, "Orang-orang dianggap sedang mengerjakan shalat sepanjang mereka menunggu (untuk mengerjakan shalat)"

Semoga ini bisa jadi materi pembiasaan yang baik buat kami sekeluarga dan bisa disharing dalam kuliah menjelang subuh kami.

No comments: