Wednesday, June 17, 2009

Ikut IT Kids Fiesta 2006

Medio 31 May 2006


Ini untungnya punya bapak kerja dengan hal-hal yang berhubungan dengan dunia IT. Begitu dapat info mengenai adanya lomba IT Kids Fiesta 2006, langsung deh bapaknya mendaftarkan anak semata wayang-nya yang saat itu kelihatannya demen banget main berbagai game di komputer....sekalian kita juga pingin tahu sampai seberapa mental kompetisi yang tumbuh pada diri si kecil. Maklum kami memang jarang mengikutkan dia dalam kompetisi-kompetisi. Lomba ini sendiri merupakan kegiatan lanjutan yang diselenggarakan oleh PT Bangun Satya Wacana Gramedia yang dilakukan guna ikut meningkatkan kualitas SDM di bidang ICT bagi dunia pendidikan di Indonesia. Kalau sejak diadakan untuk pertama kalinya pada tahun 2004 kegiatan ini diberi nama "Smartschool Fiesta" maka sejak tahun 2006 nama kegiatan diubah menjadi "IT Kids Fiesta" dengan "IT Camp" sebagai puncaknya. Lomba ini sendiri babak penyisihannya digelar di 10 kota besar yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Bogor, Medan, Lampung Palembang dan Balikpapan.

Nah siang itu, kami terpaksa meminta ijin kepada guru kelas Nadia untuk mengikuti acar lomba tersebut. Alhamdulillah guru-guru Nadia malah mendukung. Nadi berangkat ke tempat lomba tanpa berganti pakaian seragam maklum takut telat....untung sudah di daftar ulangkan dulu sama bapaknya sehingga dia langsung bisa mendapat kaos peserta. Alhamdulillah selama menunggu giliran lomba dia sama sekali tidak rewel dan kelihatannya siap tempur...he...he...menambah keyakinan ortunya bahwa anaknya paling tidak masih punya mental kompetisi. Ketika tiba giliran dia masuk ruangan [ortu nggak boleh ikut nih] ternyata dia cuek aja dan gampang banget diarahkan oleh panitia untuk menempati tempatnya. Malah kami yang ortu harap-harap cemas dia ngerti nggak ya maksud instruksi yang diberikan oleh panitiannya. Sambil sesekali kami mengambil foto dia yang sudah berada di dalam ruangan. Deng.....begitu lomba dimulai di grupnya....ternyata dia sudah asyik mencet-mencet tuts-nya dan tampil sebagi yang pertama selesai di grupnya. Duh senengnya diriku sebagai ortu dan berharap bahwa dia bisa menboyong piala pulang ke rumah.




Sambil berharap-harap cemas kita menunggu pengumuman. Dan hasilnya sedikit kecewa karena waktu selesai Nadia mengerjakan puzzle ternyata masih kalah dari pemenang grup lainnya. Yah belum rejekinya nduk....tapi emak bangga kok bahwa Nadia sudah berani tampil berkompetisi.....:-D. Dan emaknya harus dengan sabar memberi pengertian ke dia kalau kalah bukan berarti dia nggak bagus, tapi ada anak lain yang lebih cepat lagi mengerjakan puzzle tersebut....dan mereka bisa lebih cepat mungkin karena mereka lebih rajin lagi latihan menyelesaikan soal-soal puzzle tersebut.



Informasi hasil final "IT Camp" di Jakarta ternyata mengukuhkan Balikpapan sebagai salah satu kota yang patut diperhitungkan. Alhamdulillah untuk tingkat SD...SD Patra Darma meraih juara pertama. Sedangkan untuk tingkat SMP.....SMP Nasional KPS [di bawah Yayasan KPS -tempat emak bekerja saat itu] berhasil meraih juara ke 3 di bawah bimbingan Pak Suradi Masikki. Selamat ya Pak...


No comments: