Tuesday, November 27, 2012

Hello Kitty & Naila Belajar Menjahit

            Selagi beres-beres tumpukan baju yang perlu disetrika, tiba-tiba aku jadi teringat akan salah satu  kancing baju yang sudah seminggu ini belum juga sempat untuk dijahit kembali. Ah tapi jadwal mengajar Naila kecilku sudah harus dimulai pagi ini.  Ok, supaya antara keinginan kuat buat segera menyelesaikan urusan kecil ini plus menemani Naila belajar  bisa berjalan dua-duanya, maka  timbul ide untuk membuatkan Naila permainan yang berhubungan dengan ketrampilan jahit menjahit ini. 


Jadi sempetin sejenak ubek-ubek lemari buku buat cari inspirasi, karena saat itu jadi teringat buku “ The Helpful Shoelace”. Dan karena Naila akhir-akhir ini lagi demen sama karakter kartun jadul Hello Kitty, maka hari ini aku jadi pingin bikin wajah Hello Kittynya jadi bahan untuk dijahit jelujur. Dan proses-pun berlangsung.....buka laptop, cari wajah Hello Kitty, trus print, dan tempelin di karton bekas. Langkah selanjutnya buat lubang-lubang di sekitar wajah Hello Kittynya pakai pelubang kertas tunggal. Trus lanjut acara melucuti tali dari tas plastic nadia yang sudah tidak terpakai lagi (sengaja disimpan buat di lucuti satu-satu materialnya ….hehehe). Dan mulailah kami membuka  acara menjahit bersama.

Reaksi Naila begitu melihat Kepala Hello Kitty.... wah bukan main kelihatan senangnya. Trus mulai deh memasukan tali dari satu lubang ke lubang lain. Lucu banget lihat ekspresinya yang serius. Memasukkan tali ke satu lubang kecil kemudian menarik talinya keluar dari lubang lainnya sampai kadang tangannya ketarik ke belakang ….hehehe. Dan sebagai hasil akhirnya…..eng ing eng….. jahitan yang simpang siur ….hehehe…..Keren deh Naila. Dan begitu lubang terakhir sudah diselesaikan maka dari mulut mungilnya keluar suara yang penuh semangat berucap “lagi…..lagi….lagi….”.



Dan ketika kemudian aku sodorkan buku “The Helpful Shoelace”, dia-pun kelihatan masih antusias untuk memasukkan lagi tali-temalinya ke dalam lubang-lubang yang tersedia di setiap lembar bukunya. Ada yang akhirnya membentuk tali busur, tali harpa, ikat rambut, sapu lidi , dan yang terakhir dia bentuk adalah bintang …….Wah senengnya dia begitu selesai bikin jalinan tali yang membentuk bintang…..hehehe. Semoga semangatnya bereksplorasi hari ini bisa makin melatih perkembangan otot-otot kecilnya.

No comments: