Tuesday, November 27, 2012

Usbone # 3 -- Permainan Deskriptif

Permainan yang menuntut anak-anak untuk menguraikan benda mendorong mereka unuk mencari kata-kata dan membantu mereka berbicara dan berpikir dengan lebih jelas.

~ Kotak Raba

Taruh objek-objek rumah tangga dalam suatu box yang telah dilubangi sampingnya. Kemudian putri anda memasukkan kedua tangannya ke dalam kotak dan mencoba menjelaskan apa yang dirabanya sebelum menebak benda apa itu.

Versi lain dimainkan dengan tiga orang. Satu orang menaruh objek ke dalam kotak, yang kedua merabanya dan mencoba menguraikan/menjelaskannya, yang ketiga menebak benda apa itu.

~ Pemberian Gambar

Secara bergiliran mengatakan sesuatu mengenai suatu gambar dalam sebuah buku atau majalah, dengan mula-mula mengulangi semua pernyataan yang telah dilakukan sebelumnya. 

Permainan ini baik untuk daya ingat dan mengembangkan daya pengamatan maupun bahasa. Anda dapat menyesuaikan dalam banyak cara misalnya : "Pada pulau ajaibku akan akan mempunyai....."

~ Hubungan

Permainan sederhana yang meminta anak untuk memberikan hubungan antara dua objek, atau seperangkat objek. Gunakan objek nyata sekitar rumah atau kebun, atau lukis gambar sederhana pada potongan-potongan kecil kartu. Biarkan juga anak-anak mengumpulkan pasangan-pasangan objek mereka sendiri, dan menjelaskan mengapa mereka mengumpulkan yang itu.

No comments: