Tuesday, April 17, 2012

Thank You

"Thank You"...ucapan itu keluar dari bibir mungil Naila saat kusodorkan sebutir kacang rebus yang sudah kubuka. Ha???? Aku dan Nadia (kakaknya) terperangah. Sejak kapan dia mengganti kata "kasih" kependekan dari "terima kasih" setiap seseorang memberi sesuatu padanya menjadi "Thank You"....Inggris banget. Langsung kami (aku dan Nadia) saling berpandangan dengan heran dan langsung tertawa geli. "Apa kakak yang ngajari ?" aku bertanya ke Nadia. "Enggak....belum pernah aku ngajari kata itu ma. Mungkin karena dia lihat di video-video barbie yang dia lagi gemar nonton akhir-akhir ini". jawab Nadia. "Atau mungkin bapak ma yang ngajari? Nanti kalau bapak pulang kita tanya aja ya." lanjut Nadia. Iya sih mungkin saja bapaknya yang mengajari karena walaupun intensitas pertemuan mereka lebih sedikit karena bapaknya ngantor dari jam 8 sampai jam 6, tapi pengaruh si bapak sangat besar banget pada perkembangan bahasa Naila akhir-akhir ini karena bapaknya ini suka banget ngajak ngobrol Naila. Lalu aku dan kakaknya pun berebut untuk memberikan kacang rebus supaya bisa kami dengar lagi si kecil sudah bisa bilang "Thank You"......hehehe ngerjain si dede'

Belum puas menguji kemampuan bahasa Naila, kakaknya trus ngajarin kata "Please"...."Nay, kalau minta, bilang please ya.....ya nay....bilang please.....", kata Nadia membujuk adiknya berulang-ulang. Tetapi Naila hanya memandang kakaknya dan menyodorkan kacang berikutnya yang dia inginkan untuk dibuka. Hihihi....tenang kak nggak usah terburu-buru. Entar juga kalau sudah waktunya bakal keluar semua persediaan kata dari mulut mungil adikmu. Saking senengnya, sampai-sampai Nadia berikrar "Kita mulai ajarin aja Nay bahasa inggris ya ma, pasti dia bisa". Insyaallah nduk. Bahkan yang lebih ekstrim lagi dia berkata, "mulai sekarang kalau ngomong ke Naila pakai bahasa inggris saja ma.......". Wah ya ini...PR buat ibunya. Ibunya harus bongkar-bongkar file yang isinya ttg bahasa inggris lagi nih.

13 April kemarin, tepat 2.5 tahun umur Naila. Kemampuan bahasa Naila memang berkembang pesat mulai umur 2 tahun. Diawali dengan kata yang nggak jelas, dimana aku harus menjadi translater bagi orang-orang di sekitarnya. Udah biasa khan....kalau awal-awal bayi ngomong, hanya ibunya yang tahu apa maksudnya. Sampai-sampai Mbah Sri yang tinggal di depan rumah kewalahan untuk memahami maksud Naila.....hehehe. Lalu bersambung dengan kata-kata yang makin jelas maksudnya walau pelafalannya masih terbentur lidah yang belum lentur.....heheh, kini kata-katanya yang keluar makin jelas pronounciationnya. Gaya bicaranya pun tegas banget. Bahkan dia sudah bisa merangkai 2 sampai 3 kata yang bermakna. Subhanallah. Bahka kini dia sudah mulai mampu menghafal lagu-lagu....walaupun hanya kata-kata di lirik akhir-nya.

Besok kejutan apa lagi ya yang dia berikan kepada kami ???

No comments: