Tuesday, December 31, 2019

Kompor atau TV

(Episode - bertahun lalu saat sedang bikin dapur rumah baru)

Emak sejak dulu bercita-cita punya kompor seperti punya mbah uti. Yang stove sama oven nyambung jadi satu. Sudah lihat-lihat ke beberapa toko elektronik. Ternyata yang diinginkan harganya masih bikin senyum-senyum sendiri.

Demi menentamkan hati, maka kubilang ke Kangmas suami. "Ah beli kompor tanam saja, lebih terjangkau. Lagian aku khan bukan orang yang hobi masak-memasak. Belum tentu juga kalau ada oven aku bakal sering masak makanan jenis gitu. Yang ada malah aku harus rajin membersihkannya saja karena ketumpahan minyak". ini jelas alasan highly effective moms.....wkwkwk

Dan apa jawaban Kangmas saat itu. "Kayaknya mendingan mama tak belikan TV baru saja ya. Khan mama lebih hobi nonton Master Chef daripada masak. Biar lebih nyaman nontonnya.....hehehe"

Iku nyindir opo nyemoni yo....hahaha

Dan beberapa hari lalu ucapan selamat meluncur dari Kangmas.
"Selamat ya ma, bisa jadi juara 1. Nggak sia-sia hobi nonton Master Chef.....hahaha"

Dan aku cuma bisa tergelak juga.

Lumayan juga pernah juara di kompetisi lomba potong dadu buah. Sangat perlu digaris bawahi tebal-tebal. Lomba potong dadu buah ya....bukan masak-memasak. Jadi jangan bayangkan ada keterlibatan meracik bumbu di dalamnya.

Tapi Kangmas masih juga membesarkan hati dengan mengatakan "memotong dengan kecepatan tinggi dan rapi juga butuh keahlian loh ma."

Tambah ngakak aku. Ra popo disemoni maneh....hahaha

Mungkin ada hikmahnya juga bahwa setiap di suruh bantu-bantu di dapur, dimanapun dan acara apapun, maka pekerjaan yang diamanahkan padaku pastilah cuma seputar kupas dan rajang.....hahaha.

Tapi untunglah anak dan suami bisa berthan selama ini. Malah Naila kecilku adalah pengagum berat masakanku. Selepas aku masak. Dia sering sekali bilang...."ehmmm harum baunya ma, ini pasti enak.".

Indikator sukses memasakku adalah piring Naila licin tandas atau nambah. Tapi kalau gagal maka tanpa komen dia akan tinggalkan lauk yang hanya dicuil-cuil di piringnya. Begitu menjaga perasaannya dia pada mamanya yang fakir ilmu memasaknya ini.......hahaha

Photo : by Kangmas
Transmart Solo
31 Desember 2018

No comments: