Monday, December 30, 2019

Dentuman musik di samping rumah kakak, sama sekali tak menganggu kenyenyakan tidurku. Seperti pergantian bulan lainnya tak juga kami buat malam ini istimewa karenanya.

Yang sedikit membedakan adalah bahwa malam ini kami bersilaturahmi ke rumah kakak tertua kangmas di Klaten. Bertemu dengan ponakan dan cucu Salwa yang lucu.

Asyik berdiskusi tentang rencana keluarga, tentang rencana pernikahan ponakan dan masih banyak topik lainnya. Sampai akhirnya ngantuk menyerang dan kami-pun terlelap di alam mimpi masing-masing.

Bangun pagi ini udah dikasih surprise, mau dimasakin Ikan Bandeng bakar by Bu Pat. Asyik.....iso ajar masak lagi. Aku paling seneng lihat bu Pat masak. Sepiring tempe-tahu dengan sambel bikinannya  saja bikin aku bisa nambah berkali-kali. Entah kenapa masakan nya selalu terasa enak di lidahku  Bu Pat ini orang Sulawesi...darinya aku jadi tahu cara masak palumara, pisang ijo, sambel ikan bakar....dan yang paling top adalah Coto bikinannya. Ngangeni dan selalu jadi menu andalan lebaran keluarga besar suami selama beberapa tahun terakhir.

Lihat Bu Pat dengan lihainya membakar bandeng-bandeng tambak dan air laut juga. Ilmu nya tunggu sampai ikan tidak mengeluarkan air lagi utk memastikan tingkat kematangannya.

Bumbu Ikan Bakarnya cuma garam ditambah minyak jelantah saja.....ini baru bagiku.

Sedangkan sambel kecapnya rasanya begitu segar.

Pertama : Cabe, garam, trasi diulek dulu. Trus ditambah kacang goreng. Setelah halus ditambah tomat dikit aja. Trus tambah kemangi diulek juga. Trus kasih jeruk sambel. Baru diguyur sama kecap. Wis tah. Makyus tenan.

Klaten
1 Januari 2019


No comments: