Monday, April 27, 2015

Minggu ke 4 - Recount Teks.

Sudah dua mingguan lebih, hujan selalu turun selepas dhuhur. Suasana jadi kelabu. Namun semangat hidup ndak boleh redup nih. Persiapan menyambut kedatangan ibu mertua yang katanya mau berkunjung ke Salatiga.

Walau Mas selalu bilang nggak usah sibuk-sibuk, biasa aja napa kalau kedatangan tamu. Cuman aku yang selalu tidak pernah enakan kalau rumah kelihatan kotor pas ada tamu jadinya ya selalu akhirnya bikin jadwal harian sebelum hari H. 

Beres-beres buku dan kertas yang selalu berantakan sudah dilakukan sebagian. Heran aku. Buku-bukuku kok ndak pernah habis berantakannya. Apa lagi kalau sudah menjelang ujian. Maka sudah bisa dipastikan semua akan amburadul gara-gara pada keluar semua buku referensinya. Dan seharian hari ini sudah ubek-ubek mau bikin Soal Ulangan Harian buat kelas 8 besok. 

Pagi ini acara menyiapkan ulangan harian sedikit terganggu karena ada yang intens curhat. Yah sudah walau pikiran terpecah, tapi alhamdulilah sebagian sudah bisa aku selesaikan. Tinggal nambahin aja nanti. Moga malam ini bisa segera selesai. Konsentrasi ke Recount Teks dulu deh.

Recount Teks sebenarnya adalah Teks yang menceritakan kembali suatu peristiwa yang telah terjadi pada masa lalu.

Struktur Teks Recount tuh ada 3 yaitu :
1. Orientation
2. Events
3. Re-Orientation

Orientation (orientasi) : berisi pendahuluan tentang peristiwa yang terjadi, tokoh yang terlibat dalam peristiwa tersebut, tempat serta waktu peristiwa itu terjadi.

Events : berisi jalinan peristiwa/kejadian yang ada dalam cerita pengalaman tersebut. Bagian ini bisa terdiri atas beberapa event/peristiwa.

Re-orientation  : berisi tentang rangkuman/penutup cerita.

Ciri-ciri Kebahasaan Teks Recount
1. Menggunakan Past Tense
2. Menggunakan kata hubung (conjuction), misal : then, before, after.

No comments: