Thursday, April 23, 2015

Bakti Pada Orang Tua

Pagi ini, Adzan Subuh belum juga berkumandang, tetapi anak-anak semua sudah bangun. Nadia memang minta dibangunin Sahur. Alhamdulillah dia mulai mau rajin puasa Senin-Kamis. Walau alasan pertama dulu dia ikut puasa gini : "daripada kalau aku pulang sekolah siang, juga jarang ada makanan di rumah, mending aku ikut puasa deh ma".....hehehe. Tapi bapaknya dengan santai bilang, ya nggak papa walau niat awalnya begitu. semua khan ada prosesnya. Kalau dia sudah bisa merasakan nikmat tentu sudah akan beda lagi niatnya. 

Kalau ndak disibukkan dengan masak di pagi hari, aku jadi bisa mencicil beberes rumah. Nadia kuminta menyapu rumah. Sementara Naila karena asyik nonton Disney. Dia berkali-kali mengklaim kalau dia ndak mau sekolah. Sampai dia tanya-tanya : "Kenapa sih aku harus sekolah?". biasanya kalau dia mulai tanya-tanya begitu aku akan menjawab : "karena......karena....." Namun hari ini kubiarkan saja Mas Nug menjawab : "Yah biar pinter, biar Naila bisa baca buku, biar Naila bisa ngaji, biar Naila makin pinter kayak kakak." Sebentar aku mikir juga.....kalau targetnya itu, apa bukan seharusnya aku yang menjadikan dia pinter hal-hal tersebut ya.......tuing. Jadi mikir deh. 

Akhirnya Disney jadi wasalam. Artinya Naila sudah habis waktu nontonnya. Buat nambah semangat dia kita main "Sut" buat menentukan siapa yang bisa masuk kamar mandi dulu. Wuih senangnya dia ketika menang lawan mamanya. Dan dengan langkah kemenangan dia masuk kamar mandi duluan. Yah, padahal aku sudah diburu-buru kakaknya yang paling anti terlambat masuk sekolah "Malu ma, masak anak OSIS ngasih contoh yang buruk". Iyo wis. Naila segera di gobrot. Dan untuk ngasih waktu dia buat main air (kebiasaan dia berlama-lama di kamar mandi). Aku sekalian aja nyikat lantai kamar mandi yang udah beberapa hari terasa nggak keset plus wastafel di ruang makan yang udah mulai bulukan dengan muncunya bercak-bercak coklat di dalamnya. 

Mandi express trus ganti baju express juga. Pakai batik aja, dan biar nggak kelihatan kayak orang mau datang kondangan, batiknya ditutupi cardigan. Udah aman. terkesan formal nyante. Bawa Es Lilin jualan dan buku-buku yang mau dikembalikan ke Perpustakaan. Trus cabut ngantar Nadia dan baru sadar kalau buku segebok itu ketinggalan di rumah. Habis ngantar Nadia langsung aja balik lagi

No comments: