Wednesday, January 2, 2013

Home Team

Sore ini hujan masih menguyur kota Salatiga, tetapi itu tidak menyurutkan langkahku untuk memulai kuliah perdana di tahun 2013. Dan kebetulan hari ini Nadia juga masih pulang jam 1, walau akhirnya aku juga akhirnya mengantarkan grupnya dan Bu Wiwik untuk menjenguk Nada yang pagi tadi baru saja mengalami kecelakaan sepeda motor.

Dan walau memang terlambat, tapi aku masih belum tertinggal mengikuti kuliah yang sore ini dibawakan oleh Pak Dodik Mardiyanto dengan judul HOME TEAM.

HOME TEAM

Di awal perkulihaan kita bisa melihat 2 contoh kerumuan massa. Yang satu adalah 2 kesebelasan sepak bola yang sedang bertanding sedangkan yang satunya lagi adalah kerumunan massa yang barusan mengalami Gempa.

Menganalisa 2 kejadian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa perbedaan terbesar dari sebuah kerumunan massa yang bisa disebut Team adalah :

a. mereka memiliki tujuan yang sama & mengetahui goal yang ingin dicapai
maka disinilah penting untuk dilakukan share value dan share goal yang disepakati bersama.

b. komunikasi yang terjalin dengan baik
maka sering-seringlah mengadakan komunikasi di antara anggota. Tidak perlu membicarakan tentang orang lain bahkan kalau bisa No TV, karena TV hanya akan membuat kita membicarakan hal yang kita tonton dan bukan kita sendiri.

c. saling percaya
maka dibutuhkan saling percaya di antara anggota keluarga bahwa masing-masing akan melaksanakan fungsinya dengan baik

d. terorganisasi dengan baik

e. latihan yang terus dilakukan 
maka setiap anggota keluarga harus mau berlatih terus menerus untuk mencapai tujuan bersama tersebut. Bahkan disebutkan bagi mereka yang ingin expert dalam melakukan sesuatu maka dia harus fokus melakukan suatu kegiatan paling tidak 10 jam / hari.


PROYEK KELUARGA

Proyek Keluarga adalah sebuah proyek yang dilakukan bersama-sama anggota keluarga yang dapat digunakan sebagai sarana belajar berkelanjutan bagi keluarga.

Dalam melakukan proyek tersebut hendaknya kita melakukan hal-hal sebagai berikut "

a. Menjadikan proyek ini sebagai sarana belajar keluarga
b. Fokus pada proses bukan pada hasil
c. See through the eyes of a child


Sebuah proyek keluarga mestinya memenuhi kriteria sebagai berikut :

a. sederhana
b. menyenangkan
c. mudah tapi menantang
d. durasi pendek (short term)
 
  

 

No comments: