Friday, January 11, 2013

Mind Map Untuk Anak -- Ingatanmu Yang Hebat

Anggap otak kita sebagai Perpustakaan Yang Super Besar, artinya informasi akan selalu  ada di sana, tetapi sayangnya jika semuanya menumpuk dalam timbunan yang berantakan, ingatan kita akan sulit mengingatnya. Jadi intinya yang perlu kita lakukan adalah membantu otak menyimpan informasi yang mudah di akses. 


Fakta yang menakjubkan tentang otak adalah 
semakin banyak kamu tahu, otak akan semakin berkembang


Ingatan kita selayaknya otot. Semakin banyak kita gunakan, otak akan menjadi semakin kuat dan semakin mudah mengingat. Malah sebenarnya, otak akan semakin besar sehingga kamu dapat menginggat lebih banyak
Contohnya : Supir Taxi di kota-kota besar mempuyai hipokamus yang lebih besar daripada orang lain karena mereka harus mengingat jalan-jalan di kota 

Note :
** Hipokamus adalah bagian otak yang bekerja keras ketika kamu membayangkan melihat benda-benda. Bentuknya seperti kuda  laut, jadi dari situlah ia mendapat namanya, yaitu dari kata Yunani "hippo" artinya kuda dan "kompas" artinya moster laut.)





2 pemain utama dalam Alat Ingat Ajaib yang dapat digunakan untuk membantu kita mengingat segala sesuatu adalah :

1. Imajinasi
2. Asosiasi

Jadi jika kita ingin menginggat sesuatu maka kita hanya perlu mengasosiasikanya (mengaitkannya) dengan sesuatu yang sudah kamu ketahui, dengan menggunakan imajinasimu. Imajinasi dan Asosiasi akan memastikan kamu berhasil mengingat setiap kali membutuhkannya!

Beberapa Cara yang digunakan kedua pemain top -- Imajinasi dan Asosiasi - membantu kita mengingat setiap saat yaitu :

a. Gunakan Kedua Sisi Otak -- maka ingatanmu akan meningkat pesat
b. Buatlah Mind Map Ingatan
c. Ulangi dan Beristirahatlah -- agar menjadi yang Terbaik
d. Gunakan Kiat-Kiat Mengingat agar ingat selamanya
e. Perkuat Otot ingatan






A. Gunakan Kedua Sisi Otak


Otak terbagi menjadi 2 bagian, yaitu otak kanan dan otak kiri. Dan kedua belahan otak ini memiliki tugas dan cara kerja yang berbeda. Ketika kita memikirkan hal-hal seperti kata-kata, logika, angka, sekuens, linearitas, analisis, daftar maka kita sedang melatih sisi kiri otak kita. Dan kita melatih belahan otak kanan ketika kita memperhatikan warna, mengikuti irama lagu favorite (ritme) atau menggunakan imajinasi untuk memikirkan tema pesta ulang tahun (imajinasi), kesadaran, menghayal, dimensi.

Mengapa sangat penting menggunakan imajinasi ketika kita belajar dan menginggat hal-hal? Karena imajinasi membuat otak kanan-mu berkerja keras, ketika normalnya kamu hanya mengandalkan otak kiri, ini bisa banyak terjadi di sekolah karena banyak hal yang perlu kamu pelajari - tanggal, fakta dan angka - adalah kesukaan otak kiri. 

Tetapi, menggunakan hanya satu sisi otak adalah seperti mencoba berjalan dengan satu kaki dengan tangan yang diikat ke pergelangan kaki; ini pekerjaan berat! 

Ketika kamu menggunakkan kedua belahan otak bersama-sama sebagai satu tim, kamu bukan saja bisa berjalan dengan lebih mudah, tetapi kamu bisa berlari ke garis akhir - dan lebih jauh lagi! Kamu dapat menginggat segala sesuatu dengan lebih mudah

1. Imajinasi

Penggunaan imajinasi membantu kita menginggat karena ia membuat segala sesuatu tampak lebih menarik. Dan semakin menarik sesuatu, ia akan menjadi semakin mudah diingat. Misalnya : berikut ini ada dua daftar :

      1. batu, kosong, kamu, putih, pekerjaan rumah, dengan
      2. pesta, musik, hadiah, liburan, hadiah, sinar matahari

Daftar mana yang lebih mudah diingat? Tentu saja daftar yang menarik bagimu atau terdengar lebih menyenangkan. Hal-hal yang tidak kamu sukai atau tidak menangkap imajinasimu akan lebih mudah dilupakan. Jadi kuncinya adalah menggunakan imajinasi untuk membuat hal yang ingin kamu ingat menjadi lebih menarik, bahkan jika kamu pikir hal itu membosankan.

Marilah kita lihat pemain-pemain lain di dalam Tim Imajinasi :

** melebih-lebihkan
 
Imajinasimu akan membuat sesuatu yang sedang kamu pelajari menjadi lebih menarik jika kamu membiarkannya menjadi heboh

** tawa
Tawa dan gurauan bermain dalam satu tim bersama fikiran melebih-lebihkan. Semakin lucu kamu menggambarkan apa yang sedang kamu pelajari, akan semakin mudah kamu mengingatnya.

** indra
Gunakan kelima indramu untuk membantu imajinasi sebanyak mungkin. Dengan melihat, menyentuh, mencium baunya, mendengarkan ataupun mencicipi.

** warna
Ketika kamu membayangkan sesuatu, cobalah membayangkan warnanya dengan sehidup mungkin.

** irama
Semakin banyak kamu melibatkan gerakan dan irama ke dalam apa yang sedang kamu pelajari, akan semakin nyata "gambaran" di benakmu. 

** berfikir positif
Pada umumnya akan lebih mudah menginggat sesuatu yang kamu sukai dan pikirkan secara positif daripada hal-hal yang tidak kamu sukai atau pikirkan secara negatif.


Ketimbang mengatakan kepada dirimu bahwa kamu tidak boleh lupa sesuatu, katakan bahwa kamu harus menginggat-nya. 

Bila kamu memulai dengan kekhawatiran bahwa kamu akan lupa, kemungkinan besar kamu akan lupa!

 
2. Asosiasi

Asosiasi adalah cara kita menghubung-hubungkan apa yang kita ketahui. 

Asosiasi agak mirip dengan sebuah lemari besar yang penuh gantungan. Jika kita ingin belajar sesuatu yang baru, kita perlu menemukan hubungan antara sesuatu yang baru dengan sesuatu yang sudah ada di lemarimu, kemudian menempatkan di gantungan yang sama.


Marilah kita lihat pemain-pemain lain di dalam Tim Asosiasi :

** pola
Carilah pola diantara hal-hal yang ingin kamu ingat. Misalnya kamu pergi ke toko untuk orang tuamu dan kamu perlu mengingat sebuah daftar belanja. Cobalah menempatkan segala sesuatu yang harus kamu beli ke dalam kelompok, misalnya : buah-buahan, sayuran, daging atau perlengkapan rumah tangga. Ini akan memecah informasi ke dalam bagian-bagian yang lebih kecil

Pola lain yang bisa kamu cari adalah urutan ukuran (misalnya dari kecil sampai besar), urutan terjadinya (praktis untuk mengingat urutan tanggal atau peristiwa), kelompok warna dan sebagainya.

** angka
Memberi urutan angka kepada informasi akan dapat membantumu mengingat daftar hal-hal

** simbol
Penggunaan simbol dan gambar adalah cara cerdik lain untuk memicu ingatan, Misalnya : setiap kali kamu memuculkan ide baru, kamu dapat menggambar sebuah bola lampu di sisinya, atau jika sesuatu telah berjalan dengan baik, gambarlah sebuah senyum di sisinya.  


 

No comments: