Monday, February 18, 2019

Mungkin yang tidak faham IT dan cuma bisa belanja di Olshop, ngabisin duit namun gak ngerti cara kerja olshop itu gimana , akan tertawa seperti di debat tadi mlm.

Pak Prabowo mengatakan unicorn ini akan menjadi peluang keluarnya uang indonesia ke luar negeri (atau bagaimana tadi intinya seperti itulah), Lalu pendukung 01 tertawa, dijawab sama pak prabowo "silahkan anda tertawa ini masalah bangsa!"

Saya komentar dikit.
Lazada itu milik siapa ?
Tokopedia milik siapa ?
OLX milik siapa ?

Nah, investasi saham besar untuk dunia OSCommerce di indonesia mayoritas dimiliki asing, terutama pak Jack Ma!
Berbagai jenis layanan aplikasi berbayar juga hampir smua milik asing.

Contoh : hosting web itu banyak yang lokal kok. IDWEBHOST, RUMAHWEB blablabla, Tapi mereka beli ruang cloud dari luar negeri, Singapore atau US.

Belum lagi jika sudah dikondangkan CMS dan jadi sebuah olshop berbasis web, didukung dengan aplikasi mobile, tiba-tiba saja perusahaan olshop tersebut dilirik investor luar negeri dengan laba yang pastinya jatuh kemereka.

Silahkan tertawa!

Waktu itu di Bali ada wisatawan China belanja dengan weChat Pay, untungnya pasti keluar negeri (dengan broker perusahaan pariwisata China yang curang)

Lazada sahamnya terbesar dimiliki Alibaba, punya-e Kang Jack Ma.
Belum yang lain.

Jadi, perkataan Pak Prabowo tadi malam cukup berdasar sih menurut saya.

Pengembangan Startup Unicorn untuk bisnis online, harus diawasi dan waspada , karena kalo salah, tahu-tahu ada akuisisi investor asing yang tidak menguntungkan orang indonesia itu sendiri.

Copas M. Alfinas

---------------------------------------------------------------

Photo : didiclick by Kangmas
Jaga Tanah Air kita ya Nduk........Negara kita kaya akan budaya yang santun  dan orang-orang yang penuh ketulusan dalam mengabdi.

30 September 2018
Keraton Surakarta


No comments: