Sunday, May 3, 2015

Update Realisasi Keuangan Bulanan

Udah awal bulan, artinya sudah waktunya update budget plus laporan aliran kas keluarga. Alhamdulillah udah mulai rajin karena memang terbukti banyak membantuku untuk mengontrol aliran dana keluar. Bukan bermaksud untuk pelit tapi lebih ke arah penggunaan yang lebih reasonable saja. 

Yang dibuka pertama kali pasti spreadsheet Laporan Realisasi - Budget bulanan. Bikin sheet baru untuk bulan ini. Update data pemasukan dan pengeluaran per-hari. Kalau nggak sempat tulis dulu datanya di papan tulis (ini kebiasan suami).

Keuntungannya tentu saja 
Yang Pertama : kita jadi tahu, setiap bulan uang yang segitu gedenya itu larinya kemana saja. 

Yang Kedua : pengeluran kita terbesar itu di bagian mananya. Apakah kita masih terlalu konsumtif

Yang Ketiga : Jadi tahu kita nih udah menunaikan tugas kewajiban keuangan kita belum, misal zakat, infaq, trus menabung untuk masa depan, trus bayar utang-utang kita. Jangan sampai kita selalu merasa punya uang padahal kewajiban2 kita masih belum tertunaikan.

Yang Keempat : Jadi bisa otak-atik keuangan. Misal nih bagian mana yang masih bisa dikurangi dan dialihkan untuk membiayai bagian lainnya. 

Biasanya untuk update data kayak gini, aku membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam setiap bulan. Untuk memutuskan budget mana saja yang harus aku update dan mana yag masih bisa reguler dilakukan. Paling gampang bagi 4 dulu 
1. Hak Allah : disini ada alokasi Zakat Maal, Infaq dan Shodaqoh.
2.Hak Orang Lain : disini semua pembayaran hutang harus diselesaikan. Kok ya masih banyak ya hutangnya. Tapi InsyaAllah tahun ini sebagian akan sudah lunas.
3. Hak Masa Depan : Uang Pensiuan kita dan Investasi kita.
4. Konsumsi :  Semua pengeluaran bulanan kita.

Udah semua diupdate dan dimasukkan, alhamdulillah cukup. Dan semoga pengaturan keuangannya tidak terlalu egosentris. Bismillah. 

Dan anehnya setiap memasukkan uang selalu saja tidak pernah balance 0. Pasti ada saja uang yang kurang hitung. Kenapa ya? Jadinya ya niat bersabar saja. Yang penting cukup.  .......Aamin

 


No comments: